Tax Lawyer

Jasa Tax Lawyer Profesional dan Berlisensi

Salah satu profesi penting yang bergerak pada bidang perpajakan adalah tax lawyer atau pengacara pajak. Profesi ini yang berwenang dalam mengurusi permasalahan dalam perpajakan. Tentunya, untuk bisa menjadi pengacara pajak, Anda harus bisa memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat di bidang perpajakan.

Tidak harus lulusan dari Fakultas Hukum, tetapi setidaknya berasal dari rumpun yang sama, seperti advokat, ekonomi, dan lain sebagainya. Tujuan dari adanya pengacara pajak adalah untuk meminimalisir risiko masalah perpajakan agar bisa teratasi dengan baik. Untuk mengetahui lebih lanjut, maka Anda bisa menyimak pembahasan terkait pengacara pajak meliputi pengertian, tugas, layanan, biaya, hingga jasa yang bisa digunakan.

Pengertian Pengacara Pajak

Pengacara pajak berbeda dengan advokat maupun pengacara pada umumnya yang menangani kasus di luar perpajakan. Pengertian pengacara pajak adalah profesi yang berwenang untuk mewakili maupun mendampingi pihak yang sedang bersengketa atau bermasalah di bidang perpajakan. Pengacara pajak juga memiliki kuasa untuk membela kliennya di Pengadilan Pajak.

Agar bisa memiliki wewenang tersebut, seorang pengacara pajak harus mempunyai Izin Kuasa Hukum (IKH) dari Pengadilan Pajak dan Surat Keputusan. Pengacara pajak juga harus memiliki sertifikat yang membuktikan kompetensinya agar bisa menjadi Kuasa Hukum untuk klien saat Pengadilan Pajak. Dengan izin kuasa dan sertifikat tersebut barulah pengacara pajak bisa membantu klien menyelesaikan masalahnya.

Untuk menjadi pengacara pajak, tidak harus memiliki background lulusan hukum, tetapi bisa dari lulusan ekonomi, advokat, dan lainnya, Yang terpenting adalah harus memenuhi persyaratan untuk menjadi pengacara pajak. Kehadiran dari pengacara pajak sangatlah membantu para wajib pajak dalam menyelesaikan permasalahannya hingga terurus dengan baik tanpa ribet.

Para wajib pajak yang memiliki permasalahan terkait perpajakan seperti keterlambatan pembayaran, pelaporan pajak, sengketa, hingga dugaan pelanggaran bisa menggunakan jasa ini. Pengacara pajak akan memberikan pendampingan, perwakilan, hingga konsultasi terkait berbagai masalah yang dihadapi oleh wajib pajak tersebut sesuai peraturan perundang-undangan.

Tugas Pengacara Pajak

Selain memiliki wewenang, seorang pengacara pajak juga memiliki berbagai tugas yang harus dijalankan dan bertanggung jawab kepada kliennya. Nah, berikut akan disajikan mengenai beberapa tugas dari pengacara pajak atau tax lawyer.

1. Mendampingi Klien

Tugas dari pengacara pajak yang paling penting adalah untuk mendampingi wajib pajak yang menjadi kliennya. Pendampingan tersebut dilakukan ketika proses pemeriksaan atau saat diaudit oleh petugas pemeriksa pajak. Tidak hanya itu saja, pengacara pajak juga bertugas mendampingi klien ketika menerima hasil pemeriksaan dan pembahasan akhir dari pemeriksaan pajak tersebut.

Baca   Layanan In House Lawyer atau Lawyer Tetap

2. Membantu Klien Menyelesaikan Masalah Perpajakan

Seorang pengacara pajak memiliki tugas untuk membantu klien menyelesaikan masalah perpajakan melalui bantuan hukum. Hal ini dilakukan agar klien mendapatkan keadilan dari permasalahan pajak yang dihadapi. Adapun strategi atau cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sudah diatur dalam perundang-undangan terkait perpajakan. Meski masalahnya berat, pengacara pajak wajib mendampinginya.

3. Memberikan Keterangan Ketika Pemeriksaan Pajak

Saat pemeriksaan pajak sedang berlangsung, maka pengacara pajak wajib memberikan keterangan terhadap permasalahan kliennya tersebut. Biasanya, pemeriksaan pajak akan dilakukan jika ada indikasi bahwa wajib pajak melakukan kesalahan hingga kecurangan dalam perpajakan. Pengacara pajak wajib memastikan bahwa kliennya diperiksa dengan adil dan sesuai ranahnya.

4. Memberi Pendampingan Kewajiban Pajak Tahunan dan Bulanan

Klien dari pengacara pajak juga berhak untuk mendapatkan pendampingan kewajiban pajak baik tahunan maupun bulanan. Beberapa pendampingan tersebut bisa dengan memberikan jasa konsultasi perhitungan pajak, penyetoran, pelaporan bulanan, hingga pelaporan SPT tahunan untuk pajak penghasilan (PPh). Hal itu telah diatur dalam perundang-undangan perpajakan.

5. Membantu Klien dalam Mengajukan Pembatalan Ketetapan Uang Pajak

Tugas yang lain dari pengacara pajak adalah untuk membantu kliennya dalam mengajukan pembatalan ketetapan uang pajak. Di dalam perundang-undangan sudah tercantum cara untuk membatalkannya, tetapi prosesnya akan sulit diselesaikan jika tidak menggunakan jasa pengacara pajak. Nah, jika pengajuan pembatalan ini berhasil, maka Anda tidak perlu membayar utang pajak.

Layanan Pengacara Pajak

Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh tax lawyer ini, tentunya layanan tersebut akan sangat membantu para wajib pajak. Baik dalam mengatasi permasalahan pajaknya atau hanya sekadar konsultasi. Simak beberapa layanan dari pengacara pajak.

1. Memberikan Konsultasi dan Bimbingan Pajak

Layanan pertama yang diberikan kepada pengacara pajak kepada kliennya adalah memberikan konsultasi dan bimbingan pajak. Biasanya konsultasi atau bimbingan tersebut mengenai tata cara pelaksanaan untuk memenuhi kewajiban perpajakan sesuai peraturan perundang-undangan. Layanan bisa dilakukan secara langsung atau online melalui telepon, email, hingga WhatsApp.

2. Jasa Pembuatan Laporan Pajak Bulanan hingga Tahunan

Salah satu layanan dari pengacara pajak adalah memberikan jasa pembuatan laporan pajak bulanan hingga SPT tahunan. Jasa ini bisa Anda gunakan jika tidak mau ribet mengurusi pembuatan laporan pajak tersebut sehingga bisa meminta bantuan pengacara pajak. Begitu pula dengan SPT tahunan bagi perorangan atau perusahaan, bisa Anda serahkan kepada pengacara pajak.

3. Restitusi PPN dan PPh

Saat melakukan pembayaran pajak, tidak jarang perorangan maupun perusahaan membayar lebih. Apabila wajib pajak ingin mendapatkan kembali uang kelebihan pembayaran pajak tersebut, maka harus mengajukan permintaan pengembalian kepada Dirjen Pajak. Sebelum proses pengakuan, maka harus dilakukan analisis dan persiapan dokumen dulu. Sehingga wajib pajak akan sangat membutuhkan bantuan dari pengacara pajak.

4. Jasa Review Laporan

Pengacara pajak juga menyediakan layanan untuk melakukan review terhadap laporan keuangan. Biasanya, yang membutuhkan jasa ini adalah perusahaan-perusahaan yang kurang yakin dengan laporan keuangan tahunan perpajakan, Sehingga untuk meminimalisir kesalahan, maka bisa menggunakan jasa review dari pengacara pajak. Sebab, hal ini juga berkaitan dengan pemeriksaan pajak ke depannya.

5. Memberi Pendampingan ketika Pemeriksaan PajakĀ

Sebagai wajib pajak, Anda juga bisa menggunakan layanan dari pengacara pajak satu ini yakni mendapatkan pendampingan ketika pemeriksaan pajak. Klien bisa memberikan kuasa kepada pengacara pajak untuk mewakilinya saat sedang diperiksa atau dilakukan audit. Tugasnya adalah menunjukkan dokumen pembukuan, mendampingi klien, mewakili klein, hingga menerima Surat Ketetapan Pajak (SKP).

6. Memberi Pendampingan saat Keberatan Pajak

Ketika wajib pajak keberatan untuk membayar ketetapan uang pajak, maka bisa meminta pendampingan kepada pengacara pajak untuk mendampinginya. Dengan begitu, pengacara pajak bisa bertindak sebagai kuasa hukum untuk mewakili klien. Sehingga proses permohonan keberatan pajak ke Direktorat Jenderal Pajak akan berjalan dengan lancar dan berhasil.

7. Menjadi Kuasa Hukum untuk Banding di Pengadilan Pajak

Layanan lain yang bisa didapatkan dari pengacara pajak adalah menjadi kuasa hukum klien saat melakukan banding di Pengadilan Pajak. Saat menjadi kuasa hukum, seorang pengacara pajak memiliki tanggung jawab untuk menyusun dan menyerahkan surat permohonan banding ke panitera Pengadilan Pajak, menyusun tanggapan terhadap surat uraian banding, hingga mewakili klien di persidangan.

8. Mendampingi saat Permohonan Penghapusan Sanksi

Jika wajib pajak tersebut terbukti melakukan pelanggaran pajak maka akan mendapatkan sanksi dari Direktorat Jenderal Pajak. Sanksi tersebut bisa berupa denda, bunga, hingga kenaikan pajak. Namun, wajib pajak juga bisa mengajukan haknya untuk melakukan permohonan penghapusan sanksi. Di sinilah tugas dari pengacara pajak untuk mendampingi kliennya.

9. Jasa Pendampingan Administrasi Pajak

Layanan lain yang ditawarkan pengacara pajak adalah jasa pendampingan administrasi pajak. Wajib pajak yang menjadi kliennya akan dibantu untuk mengurus NPWP, mewakili klien memenuhi panggilan kantor pajak, membantu klien mengurus Pengusaha Kena Pajak, dan membantu mengurus Surat Keterangan Bebas (SKB).

Baca   Kurator Advokat

Biaya Pengacara Pajak

Sebelum menggunakan jasa pengacara pajak, pasti Anda bertanya-tanya terkait biaya layanannya. Banyak juga yang berpikir bahwa harganya pasti sangat mahal karena memiliki tugas yang banyak, mulai dari mendampingi klien hingga menjadi kuasa hukum di Pengadilan Pajak. Namun, pada kenyataannya biaya dari pengacara pajak tidak semahal yang dipikirkan.

Biasanya, biaya dari setiap pengacara pajak berbeda-beda. Biaya yang ditawarkan sesuai dengan masalah perpajakan yang akan dilakukan, dengan berbagai pertimbangan lainnya juga. Selain itu, keputusan terkait biayanya tergantung dengan negosiasi antara wajib pajak dengan pengacara pajak. Selain membayar jasanya, jika masalah berhasil dimenangkan, maka Anda juga harus membayar success fee.

Tarif dari pengacara pajak yang berbeda-beda tersebut ditentukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Mulai dari biaya gaji para pegawai di kantor pengacara, biaya transportasi, waktu, tenaga, biaya operasional, pengalaman, serta ilmu yang dimiliki oleh pengacara. Anda bisa mempersiapkan biaya pengacara pajak dari berbagai pertimbangan di atas.

Jasa Tax Lawyer

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jasa pengacara pajak, maka pastikan untuk memilih dengan beberapa aspek pertimbangan. Pastikan pengacara pajak tersebut memiliki sertifikat yang menunjukkan kompetensinya di bidang perpajakan. Pengacara pajak yang berkompeten akan memiliki sertifikat izin konsultasi pajak, brevet pajak, hingga surat izin kuasa hukum dari Pengadilan Pajak.

Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui track record dari pengacara pajak tersebut dalam menangani permasalahan perpajakan. Biasanya, track record bisa diketahui dari website resmi, review pengguna jasa sebelumnya, hingga media sosial dari pengacara pajak. Dengan track record baik, maka keberhasilan dari masalah perpajakan yang dihadapi akan terselesaikan dengan baik.

Ketika akan memilih pengacara pajak yang akan menangani masalah perpajakan Anda, maka carilah yang sudah berpengalaman. Anda bisa mengetahuinya dengan mencari tahu sudah berapa banyak kasus atau masalah pajak yang telah pengacara pajak tersebut tangani. Selain itu, cari tahu juga terkait berapa banyak kasus yang telah dimenangkan selama ini.

Baca   Pengertian dan Fungsi Kurator Indonesia dalam Kepailitan

Nah, demikianlah pembahasan mengenai tax lawyer meliputi pengertian, tugas, layanan, biaya, hingga jasa yang bisa digunakan. Di Indonesia sendiri ada banyak pengacara pajak, tetapi Anda harus bisa memilih yang kompeten. Hal ini agar permasalahan pajak yang Anda alami bisa diatasi dengan baik oleh pengacara pajak yang berpengalaman dan profesional.

Bagi Anda yang saat ini ingin menggunakan layanan dari pengacara pajak terbaik maka bisa mempertimbangkan beberapa informasi di atas. Salah satu penyedia jasa konsultasi dan pendampingan pengacara pajak yang terbaik adalah Burs Advocates. Anda akan dibantu dan didampingi terkait permasalahan hukum, termasuk permasalahan pajak yang sedang dihadapi.

Butuh Tax Lawyer Berpengalaman