Surat Izin Usaha Industri

Panduan Cara Mengajukan Surat Izin Usaha Industri

Contoh SIUI

Surat Izin Usaha Industri atau SIUI adalah salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis industri di tanah air. Dokumen ini akan berpengaruh pada kelancaran operasional dari bisnis itu sendiri. Tanpa adanya dokumen tersebut maka bisnis sulit berjalan karena tidak adanya izin legal. Mari cari tahu tentang bagaimana cara untuk mendapatkan izin tersebut. 

Pengertian SIUI

Sebelumnya Anda perlu memahami dulu apa sebenarnya SIUI itu. SIUI merupakan sebuah izin operasional yang diserahkan kepada individu atau badan usaha. Dalam hal ini izin tersebut digunakan untuk menjalankan sebuah kegiatan usaha di lingkup bidang industri. 

Kegiatan industri yang dimaksud di sini adalah kegiatan pengolahan bahan baku menjadi sebuah produk jadi. Produk tersebut memiliki komposisi dan spesifikasi tertentu yang membuatnya layak untuk diedarkan ke masyarakat. SIUI ini adalah salah satu syarat agar sebuah usaha industri bisa beroperasi dengan lancar dan legal di Indonesia. 

Lalu siapa saja yang wajib memiliki SIUI? Semua usaha di bidang industri wajib untuk memilikinya. Baik itu usaha industri dengan skala kecil, menengah, maupun besar. Hal ini tercantum pada Peraturan Pemerintah No. 107 Th. 2015. SIUI itu sendiri dibedakan sesuai skala bisnis industri yang berjalan yaitu SIUI untuk skala usaha kecil, menengah, dan  besar. 

Namun perlu diketahui bahwa usaha kecil dan menengah atau usaha industri skala rumah tangga yang tidak memproduksi limbah berbahaya bisa saja tidak memiliki SIUI. Lebih bagus memang jika ada SIUI namun tidak masalah jika jenis usaha tersebut tidak memilikinya. 

Selain itu kewajiban SIUI ini juga diatur berdasarkan omzet yang diperoleh oleh sebuah bisnis. Usaha dengan skala mikro dan kecil yang memiliki omzet maksimal Rp2,5 miliar per tahun atau tercatat memiliki aset maksimal bernilai Rp500 juta tidak diwajibkan punya SIUI. Namun pemilik usaha tersebut perlu mendapatkan izin lain yaitu Tanda Daftar Usaha Mikro  atau Tanda Daftar Usaha Kecil. 

SIUI bisa diajukan oleh usaha kecil dan mikro jika memang ingin mengembangkan usaha tersebut ke skala yang lebih besar ke depannya. Jadi tidak ada salahnya bagi usaha kecil dan mikro untuk mulai membuat pengajuan SIUI sejak dini. Apalagi jika ingin mengajukan izin edar BPOM, adanya SIUI ini sangatlah dibutuhkan. 

Perbedaan dengan SIUP

Surat Izin Usaha Industri atau SIUI sering dipandang sama dengan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Dari namanya saja sudah berbeda dan perbedaannya sangat mendasar. SIUI digunakan untuk usaha industri yang artinya usaha tersebut menjalankan sebuah kegiatan industri. Usaha ini akan mengolah bahan-bahan baku menjadi sebuah produk jadi. 

Baca   Jasa Pengacara Sengketa Tanah

Sementara itu SIUP adalah jenis izin yang dibutuhkan oleh jenis usaha tanpa kegiatan industri. Artinya, izin ini akan diberikan kepada bisnis yang hanya menjual barang jadi. Perbedaannya terletak pada kegiatan usaha yang dijalankan oleh kedua jenis bisnis tersebut. 

Kedua jenis izin ini memang sama-sama penting dalam dunia bisnis. Sebelum Anda melakukan pengajuan izin, pahami dulu jenis usaha apa yang dijalankan supaya tahu izin apa yang dibutuhkan. Jika kategori usahanya saja tidak tepat maka proses pengajuan izin juga pasti tidak bisa berjalan dengan lancar sehingga Anda harus mengulang dari awal. 

Pentingnya SIUI

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai syarat-syarat dan cara pengurusan SIUI, mari pahami dulu apa sebenarnya manfaat dari SIUI itu sendiri. Apa yang membuat usaha industri harus mengajukan izin tersebut? Berikut adalah beberapa manfaat SIUI bagi pemilik usaha.

  1. Mencegah Gangguan Operasional

Manfaat yang pertama adalah mencegah terjadinya gangguan operasional pada usaha tersebut. SIUI menjadi sebuah izin resmi yang menyatakan bahwa semua kegiatan operasional dari usaha tersebut sudah diperbolehkan secara legal. Jadi tidak ada pengaruh dari luar yang bisa mengganggu dan menghalangi proses operasional dari usaha tersebut. 

Ada banyak sekali jenis usaha industri yang ada di masyarakat. Tentunya setiap jenis usaha industri tersebut memiliki produk yang berbeda. Jika produknya berbeda, berarti proses produksi dan pengolahan yang dilakukan juga berbeda. Apapun prosesnya, jika sudah ada SIUI maka tidak masalah dan tidak ada gangguan yang bisa menghambat proses produksi tersebut. 

  1. Pernyataan Resmi untuk Mematuhi Peraturan

Tentu saja SIUI ini bisa dijadikan sebagai sebuah pernyataan resmi untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Peraturan yang dimaksud di sini adalah peraturan mengenai operasional usaha industri yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika sebuah usaha industri sudah memiliki SIUI artinya usaha tersebut sudah memenuhi syarat dan aturan yang ditentukan. 

Ini bisa menjadi sebuah modal penting bagi sebuah usaha. Tanpa adanya SIUI maka usaha tersebut dianggap tidak memenuhi kriteria dan bisa saja melanggar aturan-aturan tertentu. Hal ini tentu saja berbahaya dan tidak bisa dikatakan bahwa usaha tersebut beroperasi secara legal. 

  1. Dapat Dipakai sebagai Profil Perusahaan

SIUI juga bisa digunakan sebagai profil perusahaan. Dalam pengembangannya, sebuah usaha pasti membutuhkan profil yang kuat. Adanya SIUI ini bisa membantu usaha tersebut untuk memiliki profil perusahaan yang baik. SIUI juga bisa ditunjukkan kepada pihak lain untuk menunjukkan bahwa usaha industri yang berjalan ini memiliki posisi yang legal di mata hukum. 

  1. Membantu Pengembangan Usaha

Tentunya keberadaan SIUI juga bisa membantu proses pengembangan sebuah usaha industri. Setiap pelaku usaha tentu berharap usahanya tersebut bisa berkembang lebih besar lagi. Dalam usaha pengembangannya, mungkin dibutuhkan berbagai hal. Seperti mitra bisnis atau partner yang bisa memperlancar proses pengembangan usaha tersebut. 

SIUI akan sangat dibutuhkan jika Anda ingin melebarkan sayap di dunia bisnis. Tanpa SIUI, pihak lain yang ingin Anda ajak bekerja sama mungkin akan merasa ragu. Lain halnya jika Anda sudah punya SIUI, mereka bisa lebih yakin untuk bekerja sama karena usaha Anda sudah memiliki izin resmi untuk beroperasi. 

Baca   Kurator Advokat

Manfaat SIUI bagi Pemerintah Daerah

Penting untuk diketahui bahwa SIUI ini tidak hanya punya peran penting bagi pelaku usaha. SIUI juga memberi manfaat bagi pemerintah daerah tempat dimana usaha industri tersebut beroperasi. Adanya SIUI bisa membantu memberikan sumber pendapatan daerah yang terdata dengan jelas. 

Selain itu, pemerintah daerah juga bisa lebih mudah membimbing usaha industri kecil dan menengah yang ada di wilayah mereka. Adanya SIUI ini akan membantu pemerintah daerah untuk mengenali usaha mana saja yang perlu mendapatkan perhatian dan bisa dikembangkan lebih jauh lagi. 

Pemerintah daerah juga akan merasa diuntungkan jika semua usaha industri bisa memiliki SIUI karena alasan ketertiban. Kepemilikan SIUI ini membuktikan bahwa pelaku usaha di daerah tersebut taat akan hukum. Ini bisa menjadi poin lebih yang menunjukkan bahwa pemerintah daerah memiliki peran yang cukup besar dan dipercaya oleh para pelaku usaha di sana. 

Cara Mengurus SIUI

Surat Izin Usaha Industri ini bisa didapatkan melalui proses pengajuan yang sebenarnya tidak terlalu sulit. Pelaku usaha industri di Indonesia sebaiknya paham seperti apa prosedur yang harus dilalui agar bisa memperoleh SIUI supaya tidak perlu menunda lama. Berikut adalah petunjuk cara mengajukan SIUI bagi usaha industri:

1. Penuhi Semua Syarat Dokumen

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mengajukan SIUI adalah penuhi semua syarat dokumen yang dibutuhkan. Urusan syarat dokumen ini memang harus dipersiapkan dengan baik karena ada banyak jenis dokumen yang harus dikumpulkan. Berikut adalah dokumen yang dijadikan syarat pengurusan SIUI.

  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi KTP dari pemilik usaha.
  • Fotokopi KTP dari pihak penanggung jawab perusahaan. 
  • Surat Pernyataan Pelestarian Lingkungan dari pihak yang memohon SIUI. 
  • Surat Keterangan dari pihak Pengelola Kawasan Industri
  • Fotokopi bukti sudah melunasi PBB terbaru. 
  • Fotokopi IMB atau izin mendirikan bangunan tempat usaha beroperasi. 
  • Daftar mesin dan alat-alat yang dipakai dalam usaha industri tersebut, dilengkapi tanda tangan dari pimpinan perusahaan. 
  • Fotokopi akta notaris pendirian perusahaan. 
  • Surat pernyataan atau permohonan SIUI. 
  • Daftar bahan baku penolong yang dipakai dalam proses operasional usaha dan ditandatangani oleh pimpinan perusahaan. 
  • Fotokopi surat sewa tanah atau persetujuan pemanfaatan tanah (jika ada lahan yang disewa dalam operasional usaha). 
  • Fotokopi sertifikat tanah. 
  • Surat keterangan domisili perusahaan atau SKDP. 
  • Surat pernyataan yang membuktikan bahwa semua jenis dokumen terlampir tadi sudah benar dan sah. 

Pastikan untuk membuat check list sehingga tidak ada syarat dokumen yang terlupakan. Kumpulkan semua dokumen ini dalam satu map dan lakukan pemeriksaan ulang sebelum diajukan. Sebaiknya Anda persiapkan jauh-jauh hari agar proses pengajuan Surat Izin Usaha Industri tidak perlu tertunda lama. 

2. Lakukan Pengajuan di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu

Semua dokumen syarat yang sudah dipersiapkan tadi bisa Anda bawa ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu. Ini adalah tempat dimana Anda akan mengajukan SIUI tadi. Anda bisa mengajukannya ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu di tingkat II atau Kabupaten. Sementara itu untuk jenis usaha industri berskala besar bisa langsung ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu tingkat provinsi. 

Baca   Wanprestasi dalam Sebuah Perjanjian

3. Lakukan Pembayaran Biaya pengajuan SIUI

Pastikan untuk segera melunasi biaya pengajuan SIUI. Biaya retribusi dalam pengurusan SIUI ini akan dipengaruhi oleh kategori usaha yang dijalankan. Berikut adalah pembagian golongannya:

  • Golongan I, usaha industri dengan modal diatas Rp 5 juta sampai Rp500 juta. 
  • Golongan II, usaha industri yang punya modal antara Rp500 juta sampai Rp1 miliar. 
  • Golongan III, usaha industri dengan modal diatas Rp1 miliar. 

Jika sudah melengkapi semua syarat dokumen tadi dan melakukan pembayaran biaya retribusi, maka Anda tinggal menunggu sampai SIUI keluar. Biasanya dibutuhkan waktu 3-12 hari kerja agar proses pengurusan SIUI bisa selesai. Jika usaha Anda sudah mendapatkan SIUI, ingatlah untuk selalu melakukan registrasi ulang setiap satu tahun sekali sejak SIUI tersebut dikeluarkan. 

Anda juga bisa menggunakan jasa khusus untuk membantu pengurusan SIUI tersebut. Jika memang ingin memakai jasa bantuan, maka pastikan jasanya beroperasi secara legal. Selain itu pastikan mereka memahami hukum dengan baik dan sudah berpengalaman dalam membantu proses pengajuan SIUI.

Setelah mendapatkan Surat Izin Usaha Industri, maka bisnis Anda bisa beroperasi lebih baik lagi. Secara hukum, kegiatan operasional bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan tidak menyalahi aturan apapun. Ini akan menjadi pondasi bagi bisnis Anda untuk berkembang lebih besar lagi. Setidaknya bisnis Anda bisa terus berkembang dengan lancar tanpa ada masalah izin operasional.

Butuh Jasa Pengurusan SIUI

Portofolio Kami

Related Posts
Biaya Pengacara Perceraian

Mengenal Peran Pengacara Perceraian dan Biaya Pengacara Perceraian Saat menjalani proses perceraian, salah satu hal yang harus dipikirkan adalah biaya Read more

Jasa Pelaporan PPN Bulanan

Pengertian PPN, Contoh Perhitungannya, dan Manfaat Jasa Pelaporan PPN Bulanan  Pajak tidak langsung merupakan salah satu jenis pajak yang diterapkan Read more

Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Banyak pebisnis pemula yang belum mendaftarakan merek dagangnya karena alasan biaya pendaftaran merek dagang. Padahal, biaya pendaftaran tersebut tak semahal Read more

Surat Perjanjian Kerjasama

Surat Perjanjian Kerjasama, Prosedur, dan Contohnya  Dalam membuat suatu perjanjian, harus ada bukti hitam di atas putih, agar suatu hari Read more

Burs Advocates
Ada yang Bisa di Bantu?
Halo Ada yang Bisa Kami Bantu