Februari 16, 2024

Jasa Penagihan Utang

Jasa Penagihan Utang dengan Pengacara 

Terkesan sepele, namun perihal utang-piutang bisa menjadi sebuah masalah besar jika tidak segera diselesaikan. Apalagi jika nominal utangnya terbilang besar, yang tentu saja bakal merugikan pihak pemberi utang jika tidak segera dilunasi oleh pihak yang  berutang. Salah satu cara menyelesaikan masalah utang-piutang ini adalah menggunakan jasa penagihan utang dengan pengacara. 

Apa Itu Jasa Penagihan Utang dengan Pengacara? 

Masalah utang-piutang yang dibiarkan berlarut-larut, tentu saja akan menjadi seperti bom waktu yang siap untuk meledak kapan saja. Tidak hanya di kalangan masyarakat biasa, permasalahan utang-piutang ini juga kerap dialami oleh masyarakat kalangan atas, terkhusus pebisnis, dengan nominal utang-piutang yang tidak sedikit. Nah, penyelesaiannya biasanya melibatkan pengacara. 

Pengacara yang menghadirkan jasa penagihan utang merujuk pada pengacara yang memberikan bantuan hukum dalam hal penagihan utang pada debitur atau pihak yang berutang. Nantinya, pengacara akan menjadi pihak yang menyampaikan pesan pada pihak debitur untuk segera melunasi utangnya dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan. 

Sekiranya tidak ada itikad baik yang diperlihatkan oleh pihak debitur selaku pihak yang berutang, maka pengacara yang memberikan jasa penagihan utang ini biasanya akan merekomendasikan untuk membawa masalah tersebut ke jalur hukum. Terdapat 2 opsi jalur hukum yang bisa diambil, yakni melaporkannya ke pihak polisi ataupun mengajukan gugatan wanprestasi. 

Nah, masing-masing opsi yang dipilih itu nantinya tentu membutuhkan jasa pengacara agar utang yang ditagih bisa dilunasi oleh pihak debitur. Anda sebagai orang yang meminjamkan dana atau kreditur akan bisa memperoleh bantuan dan dukungan selama menjalani kasus utang-piutang tersebut. 

Cara Penagihan Utang dengan Jasa Pengacara 

  1. Penagihan Utang dengan Cara Non Litigasi 

Salah satu opsi cara penagihan utang dengan menggunakan jasa pengacara adalah melalui non-litigasi. Non-litigasi merujuk pada penyelesaian sengketa, dalam hal ini masalah utang-piutang, yang dilakukan di luar persidangan atau sering disebut juga dengan alternatif penyelesaian sengketa. Mediasi hingga pengiriman surat somasi termasuk dalam cara non-litigasi ini. 

Langkah awal dalam menyelesaikan permasalahan utang-piutang yang biasanya ditempuh adalah dengan melakukan mediasi. Pengacara nantinya akan menjadi mediator dalam perundingan yang dilakukan dengan kedua belah pihak, kreditur dan debitur, guna mencapai kata sepakat dan penyelesaian atas permasalahan utang-piutang yang terjadi. 

Sekiranya mediasi yang dilakukan tidak mendapatkan titik temu atau tidak mencapai kata sepakat, bisa dilakukan cara non-litigasi selanjutnya yakni pengiriman surat somasi. Pengacara untuk menagih utang yang ditunjuk oleh pihak kreditur akan mengirimkan surat somasi pada pihak debitur. Somasi yang biasanya dikirimkan adalah sebanyak 2 kali. 

Adapun isi dari surat somasi yang dikirimkan pada pihak debitur selaku pihak yang berutang adalah berisi peringatan untuk segera melakukan pembayaran dan pelunasan utang pada pihak kreditur yang merupakan kliennya. Sekiranya pengiriman surat somasi pada pihak debitur tidak juga memberikan hasil yang diinginkan, maka akan ditempuh cara litigasi untuk menyelesaikan utang. 

  1. Penagihan Utang dengan Cara Litigasi 

Saat cara non-litigasi tidak berhasil, maka pengacara yang ditunjuk untuk menyelesaikan masalah utang-piutang biasanya akan merekomendasikan penagihan utang dengan cara litigasi. Cara litigasi yang dimaksud adalah penyelesaian masalah utang-piutang dengan melakukan upaya hukum, baik itu secara pidana maupun perdata. 

Jika langkah litigasi diambil, maka pengacara dengan jasa penagihan utang akan mengajukan gugatan ke pengadilan. Langkah hukum yang diambil bisa berupa pelaporan pihak debitur pada pihak yang berwajib alias polisi, dengan tuduhan telah melakukan penggelapan uang sesuai dengan Pasal 372 KUHP dan juga penipuan yang diatur dalam Pasal 378 KUHP. 

Selain langkah hukum dalam bentuk pelaporan di atas, pengacara penagihan utang yang ditunjuk oleh klien juga bisa melakukan gugatan perdata atau wanprestasi ke pengadilan terhadap pihak debitur atau pihak yang berutang. Adapun tuntutannya adalah meminta sejumlah ganti rugi dengan nilai yang sudah disepakati. 

Sekiranya nanti pihak debitur memang dinyatakan melakukan wanprestasi sesuai dengan gugatan yang dilayangkan oleh pihak kreditur melalui pengacaranya, maka pihak debitur alias yang berutang wajib untuk membayarkan kerugian yang dialami oleh pihak kreditur, berikut dengan bunga dan denda utang pada pada pihak kreditur selaku penggugat. 

Selain itu, melalui pengacaranya, pihak kreditur juga bisa mengajukan sita jaminan terhadap seluruh aset yang dimiliki oleh pihak debitur untuk melunasi utangnya pada pihak kreditur. Bahkan, penyelesaian utang ini bisa sampai ke proses pailit atau bangkrut jika memang memenuhi syarat untuk hal itu.  

Biaya Jasa Penagihan Utang dengan Pengacara 

Bagi Anda yang berencana untuk menggunakan jasa penagihan utang dengan pengacara, tentu saja Anda harus mempertimbangkan biaya jasa hukumnya nanti. Adapun biaya jasa pengacara yang menyelesaikan masalah utang-piutang ini biasanya berkisar mulai dari 3 hingga 12 juta rupiah, berikut dengan success fee-nya. 

Besaran dari success fee ini sendiri bersifat relatif karena tergantung pada penghargaan dari klien atas kesuksesan pengacara dalam menyelesaikan masalah utang-piutang yang membelitnya. Maknanya, jika masalah utang-piutang ini tidak juga bisa diselesaikan, maka success fee tentu tidak akan dibayarkan. 

Nah, untuk besaran success fee yang disebutkan di atas pun sifatnya umum alias tidak sama untuk setiap pengacara yang menawarkan jasa utang-piutang. Semakin tersohor dan ternama pengacara yang dipakai jasanya, tentu biaya jasanya akan bisa semakin meningkat. Apalagi jika sebelumnya dirinya sudah berhasil menyelesaikan banyak masalah utang-piutang. 

Manfaat Menggunakan Jasa Pengacara untuk Menagih Utang

  1. Proses Penyelesaian Utang-Piutang yang Lebih Mudah 

    Manfaat utama dari jasa penagihan utang dengan pengacara adalah untuk menyelesaikan permasalahan utang-piutang dengan lebih mudah. Daripada Anda bergelut dengan masalah utang-piutang yang tidak kunjung selesai dan hanya menghabiskan energi Anda, tentu lebih baik mempercayakan penyelesaiannya pada pengacara di bidang utang-piutang ini. 
    Pengacara utang-piutang profesional tentu sudah membantu menyelesaikan banyak masalah utang-piutang ini sebelumnya, sehingga dirinya bisa mencari celah penyelesaian yang tepat, entah itu melalui cara mediasi, negosiasi, ataupun gugatan ke pengadilan. Koneksi yang dimiliki oleh pengacara itu juga bakal membantu dalam proses penyelesaian masalah utang-piutang ini. 
    Penyelesaian Utang-Piutang

  2. Menghemat Waktu, Tenaga, dan Pikiran 

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, menyelesaikan permasalahan utang-piutang itu akan sangat melelahkan. Bukan hanya waktu Anda yang terkuras untuk mengurus masalah utang-piutang tersebut, melainkan juga tenaga dan pikiran Anda. Anda akan merasa lelah jiwa dan raga karena permasalahan utang-piutang yang tidak kunjung selesai. 
    Dengan adanya jasa penagihan utang dengan pengacara, Anda bisa mempercayakan penyelesaian utang-piutang itu padanya. Anda bisa fokus menjalankan aktivitas utama Anda seperti biasa, misalnya saja jika Anda merupakan seorang pebisnis, Anda bisa fokus merancang rencana usaha untuk lebih memajukan usaha yang dijalankan ke depannya. 
    Menghemat Waktu, Tenaga, dan Pikiran 

  3. Memperoleh Masukan dan Saran Terkait dengan Masalah Utang-Piutang 

    Jika Anda menggunakan jasa pengacara untuk menagih utang, maknanya Anda tidak sendiri dalam menyelesaikan masalah tersebut. Pihak pengacara yang Anda tunjuk akan bisa memberikan saran ataupun masukan terkait dengan langkah apa yang sebaiknya Anda pilih untuk bisa menyelesaikan masalah utang-piutang yang sedang membelit Anda. 
    Adanya arahan dari pihak yang sudah profesional di bidang penagihan utang-piutang ini akan menghindarkan Anda dari salah langkah, yang kemudian malah akan merugikan diri Anda sendiri. Makanya, jika merasa tidak sanggup lagi menghadapi masalah utang-piutang seorang diri, jangan ragu untuk menggunakan jasa pengacara utang-piutang. 

    Penyelesaian Utang-Piutang

  4. Menghindarkan Diri dari Masalah Hukum 

    Ketidaktahuan pihak kreditur akan cara yang tepat untuk menagih utang dari pihak debitur akan bisa membuatnya terjebak dalam masalah hukum. Masalah hukum ini nantinya malah akan menjadi kendala dalam proses penyelesaian utang-piutang. Pihak debitur yang awalnya dituntut bisa-bisa malah melakukan penuntutan balik atas tindakan yang diambil oleh pihak kreditur. 
    masalah hukum

Nah, untuk menghindari terjadinya masalah hukum atas tindakan yang diambil oleh pihak kreditur selaku pemberi utang ini, pengacara utang-piutang akan memberikan masukan dan mengarahkannya untuk melakukan tindakan yang tepat. Dengan cara ini, maka penyelesaian masalah utang-piutang akan lebih lancar dan efektif prosesnya. 

Tips Memilih Jasa Pengacara untuk Menagih Utang 

  1. Pilih Pengacara yang Berpengalaman dalam Penyelesaian Utang-Piutang 

Meskipun gelarnya sama-sama pengacara, belum tentu semuanya bisa diandalkan sepenuhnya dalam menyelesaikan masalah utang-piutang. Pasalnya, berbeda perkaranya, maka akan berbeda pula hal-hal yang harus diurus dan diselesaikan oleh pengacara tersebut. Makanya, jika Anda ingin mendapatkan bantuan penagihan utang, gunakanlah jasa pengacara utang-piutang. 

Pengacara utang-piutang yang sudah banyak menangani kasus utang-piutang ini sebelumnya tentu sudah punya bekal yang banyak untuk mendampingi Anda dan memenangkan perkara yang dihadapinya. Pengacara khusus untuk menagih utang tersebut tentu sudah punya triknya tersendiri agar pihak debitur selaku pihak yang berutang mau untuk melunasi utangnya. 

  1. Minta Rekomendasi dari Orang Terdekat 

Jika ingin lebih mudah dalam menemukan jasa pengacara yang melayani permintaan penagihan utang, Anda bisa minta rekomendasi pada orang terdekat, entah itu keluarga, teman, ataupun rekan kerja, yang sebelumnya pernah mengalami kondisi serupa. Minta rekomendasi pengacara utang-piutang yang memang sudah terbukti kualitasnya dalam bekerja. 

Meminta rekomendasi pengacara utang-piutang dari orang terdekat akan bisa menghemat waktu dan tenaga Anda dalam mencari pengacara yang tepat. Jika memang tidak ada orang terdekat Anda yang menggunakan jasa pengacara utang-piutang sebelumnya, Anda bisa cari rekomendasi pengacara ini secara online, lalu lihat testimoni atau review dari para pengguna jasanya sebelumnya. 

  1. Pertimbangkan Harga atau Biaya Jasa Pengacara 

Hal penting yang juga tidak boleh Anda lupakan dalam memilih jasa pengacara untuk menagih utang adalah harga atau biaya jasa pengacara tersebut. Pastikan kalau memang biaya jasa pengacara yang harus dibayarkan sesuai dengan kondisi keuangan Anda, serta sesuai dengan nilai perkara atau permasalahan utang-piutang yang ingin Anda menangkan. 

Tidak hanya itu saja, jika nantinya Anda menang dalam perkara utang-piutang tersebut, tentu harus ada success fee yang Anda bayarkan pada pengacara nantinya. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu berapa biaya yang harus Anda bayarkan, baik itu bayaran di muka atau akhir perkara nantinya. Jika memungkinkan, Anda bisa juga melakukan negosiasi biaya jasa dengan pengacara. 

Jangan sampai masalah utang-piutang menguras energi Anda. Daripada dibuat pusing dengan masalah utang-piutang yang tidak kunjung selesai tersebut, Anda bisa gunakan jasa penagihan utang dengan pengacara. Gunakanlah jasa pengacara utang-piutang yang profesional dan berpengalaman, agar pihak debitur bisa segera melunasi utangnya pada Anda. 

Pertanyaan Seputar Jasa Penagihan Hutang Kami

Apakah yang di lakukan dalam Rangka Penagihan Hutang ?

Dalam proses penagihan hak klien kami tentunya kami menjalankan apa yang di amanatkan oleh undang undang yaitu penagihan melalui proses jalur hukum melalui somasi, pengajuan wanprestasi , pelaporan kepolisian hingga pengajuan kepailitan

Langkah Awal Apa yang dilakukan ?

Langkah awal adalah proses pengajuan somasi kami akan kirim somasi idealnya 2 kali somasi dilakukan

Jika Somasi Tidak Berhasil ?

Langkah selanjutnya adalah dengan mendatangai debitur jika di perlukan hal ini sangat di perlukan adanya pertemuan untuk memastikan kapan piutangnya akan di bayarkan

Jika Proses Mediasi Tidak Sesuai Kesepakatan ?

Maka langkah selanjutnya adalah proses pengajuan wanprestasi jika memenuhi unsur wanprestasi, atau pembuatan laporan kepolisian jika mengandung unsur pidana serta pengajuan kepailitan jika memang jumlah hutangnya sangat besar dan memiliki lebih dari 2 orang debitur

Berapa Biaya yang Harus di Keluarkan ?

Biaya penagihan tentunya berbeda setiap tindakanya, biaya somasi penagihan hutang di kami tergantung nilai objek atau outstanding piutang yang hendak di tagihkan untuk somasi. dan juga proses mediasi tergantung wilayah serta akomodasi yang di persiapkan. Serta jika naik ke perdata melalui wanprestasi, pendampingan pelaporan serta permohonan kepailitan tentunya biaya yang di keluarkan juga berbeda dengan biaya somasi

Berapa Besaran Sukses Fee ?

Sukses fee di kantor hukum kami sangat beragam tentunya tidak memberatkan klien dan tidak merugikan kami juga, rate nya sekitar 10% sd 5 % dari total yang berhasil di tagihkan dari somasi atau perkara yang berhasil di menangkan. Sukses fee berbeda dengan biaya somasi dan juga biaya perkara perdata lainya

Apakah Menerima Pembayaran di Belakang atau Jika Hutang Berhasil di tagih ?

Kami menerapkan prinsip berkeadilan bagi kedua belah pihak dimana adanya trasnparansi biaya yang sudah tertuang di dalam perjanjian penggunaan jasa hukum. Tentunya klien yang hendak mengunakan jasa kami harus menyiapkan biaya diawal dan harus siap biaya jika mau berperkara secara perdata

Banyak yang Menawarkan di Belakang Apakah Benar?

Sepengalaman kami banyak oknum yang menawarkan pembayaran jika berhasil di tagih atau di belakang namun Anda harus berhati-hati karena di banyak kejadian akan di tagihkan lebih besar dari apa yang di perkirakan sehingga menjadi permasalahan di kemudian hari. Kami menerapkan prinsip apa yang di atur dalam undang-undang advokat dalam melaksanakan hak dan kewajiban klien dan kami demi tegaknya keadilan di kedua belah pihak.

Butuh Jasa Penagihan Utang

Portofolio Kami

Share Yuk!