Februari 26, 2022

Jasa Pengurusan ISO

Pengertian, Manfaat, dan Dokumen yang Dibutuhkan Jasa Pengurusan Sertifikasi ISO

Dalam dunia bisnis terutama di bidang industri, ISO memegang peran yang cukup penting. Setiap perusahaan sebaiknya memahami ISO dengan baik karena akan berpengaruh besar dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis itu sendiri. Berikut akan dibahas pengertian, manfaat, serta dokumen apa saja yang dibutuhkan oleh jasa pengurusan sertifikasi ISO

Pengertian ISO

Mari mulai dulu dari pengertiannya. ISO merupakan kependekan dari The International Organization for Standardization. Ini merupakan sebuah organisasi internasional yang akan menetapkan standar di bidang industri dan komersial dunia. Organisasi ini memiliki tujuan terciptanya peningkatan kualitas perdagangan antar negara-negara di seluruh dunia. 

ISO bisa mengukur kredibilitas dari setiap perusahaan yang bersaing secara global. Perannya begitu besar karena akan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk berbagai jenis produk maupun sistem layanan tertentu. Jadi ISO ini seolah seperti pihak yang menentukan kelulusan kualitas sebuah produk atau layanan. Tentu saja penilaian kualitas ini dilakukan secara cermat dan menyeluruh. 

Perusahaan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan sertifikat ISO. Jika sudah berhasil memiliki sertifikat ISO maka perusahaan tersebut siap untuk bersaing di pasar global kelas dunia. Hal ini disebabkan oleh adanya jaminan kualitas produk baik itu dalam bentuk barang maupun jasa dari ISO yang sangat kredibel di mata konsumen seluruh dunia. 

Penting untuk diketahui bahwa ISO ini merupakan organisasi non-pemerintah. Namun, penetapan standar ini akan menjadi hukum yang berhubungan dengan standar nasional. Oleh sebab itu ISO bisa dikatakan jauh lebih berpengaruh daripada organisasi non-pemerintah yang lain. Apalagi di mata masyarakat sendiri ISO sudah memegang peran yang begitu besar. 

Sebenarnya sertifikat ISO ini bukanlah sebuah hal yang wajib untuk didapatkan oleh perusahaan. Tidak ada aturan yang memaksa perusahaan untuk mengikuti standar ISO. Namun, pihak perusahaan sendiri yang memburu standar ISO tersebut. Hal ini disebabkan oleh adanya banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika perusahaan memiliki sertifikat ISO. 

Proses mengurus ISO saat ini bisa jauh lebih mudah karena adanya jasa yang melayani hal tersebut. Jasa pengurusan ISO bisa secara efektif membantu perusahaan untuk mendapatkan standar internasional ini. Dengan begitu prosesnya akan jauh lebih mudah karena sudah ada jasa profesional yang memberikan panduan.

Manfaat ISO

Sebelum mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan dan tahapan apa saja yang perlu dilalui, maka perusahaan sebaiknya paham dulu apa manfaat ISO itu sendiri. Banyak perusahaan mengincar sertifikat ISO karena memang manfaatnya begitu besar. Berikut adalah beberapa manfaat dari ISO:

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Pertama, sertifikat ISO akan membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan. Coba tempatkan posisi sebagai konsumen, tentu akan jauh lebih percaya dengan perusahaan yang memiliki sertifikat ISO. Sertifikat ISO ini memang memegang peran yang sangat kuat dalam membentuk kredibilitas perusahaan di mata masyarakat karena standarnya memang sudah kelas internasional. 

Kredibilitas adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan. Jika sudah dipandang kredibel oleh masyarakat maka akan jauh lebih mudah untuk membuat perusahaan ini berkembang lebih jauh lagi. Apalagi jika kredibilitasnya sudah di mata internasional, tentu hal ini akan sangat bagus bagi pengembangan sebuah perusahaan. 

  1. Meningkatkan Good Will

ISO juga akan membantu meningkatkan good will sebuah perusahaan. Good will itu sendiri merupakan citra baik yang berusaha untuk dibentuk oleh perusahaan. Dalam hal ini kaitannya bukan lagi ke masyarakat namun lebih mengarah ke perusahaan lain. Jika sebuah perusahaan sudah memiliki ISO, maka perusahaan tersebut akan dipandang punya citra yang baik oleh perusahaan lain. 

Selain kredibel di mata masyarakat, perusahaan juga harus membangun citra yang baik di mata perusahaan lain. Ini merupakan sebuah prinsip penting jika ingin terus mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Dengan adanya goodwill ini maka peluang kerja sama dengan perusahaan lain jadi lebih besar. Lebih baik lagi jika perusahaan yang mengajak kerja sama sudah memiliki kapasitas internasional. 

  1. Mengoptimalkan Performa Kerja Karyawan

Sertifikat ISO ternyata juga memberi manfaat besar bagi internal perusahaan itu sendiri. Setelah memiliki sertifikat ISO, maka secara otomatis standar perusahaan juga akan meningkat. Standar ini pastinya akan disesuaikan dengan standar internasional yang berlaku dalam ISO. Oleh sebab itu perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan standar dari segi internal, khususnya dari kinerja karyawan. 

Secara otomatis karyawan akan berusaha untuk mengikuti standar perusahaan yang sudah ditingkatkan. Demi menjaga kualitas dan standar ISO yang sudah didapatkan, maka karyawan akan berusaha untuk terus meningkatkan performa kerjanya lebih baik lagi. Hal ini jelas akan menguntungkan perusahaan karena bagaimanapun juga performa kerja yang lebih baik bisa meningkatkan kualitas dari perusahaan itu sendiri.

  1. Mencegah Pemborosan Anggaran

Manfaat berikutnya yang diberikan ISO terhadap sebuah perusahaan adalah mencegah pemborosan anggaran. Setelah mendapatkan standar ISO, maka perusahaan akan menerapkan sebuah sistem manajemen khusus yang akan membantu perusahaan untuk memantau kinerja. Jika kinerja perusahaan atau sebuah produk berpotensi gagal, maka hal ini bisa dianalisis dan dipantau sejak dini untuk diantisipasi. 

ISO akan mempermudah perusahaan dalam menentukan atau mengetahui masalah apa yang terjadi. Dengan begitu penentuan solusi dari masalah tersebut juga akan jadi jauh lebih mudah. Anda bisa mengetahui solusi yang tepat sesuai dengan standar yang berlaku tadi. Hal ini akan membantu perusahaan lebih hemat anggaran dan bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. 

  1. Mengoptimalkan Branding

Standar ISO yang sudah diterima oleh sebuah perusahaan akan membantu mengoptimalkan branding dari perusahaan atau produk tersebut. Setelah mendapatkan sertifikat ISO maka perusahaan bisa mencantumkan logo ISO di produknya. Ini akan meningkatkan kekuatan branding dari produk atau perusahaan tersebut. 

Dengan adanya sertifikat ISO ini maka image dari brand yang dihasilkan akan jauh lebih baik dan punya kekuatan tersendiri. Bahkan image baik ini tidak hanya berkembang di tengah masyarakat lokal tapi juga internasional. Perusahaan ini akan mendapatkan citra yang sangat baik dimana saja berkat adanya sertifikat ISO yang mengangkat brand perusahaan tersebut. 

Dokumen yang Dibutuhkan dalam Pengurusan ISO

Perusahaan bisa menyerahkan proses pengurusan ISO ini kepada jasa yang profesional. Saat ini ada banyak penawaran jasa yang akan mempermudah perusahaan untuk mendapatkan sertifikat ISO tersebut. Namun sangat penting untuk diketahui bahwa ada banyak jenis dokumen yang dibutuhkan agar pengurusan ISO bisa berjalan lancar. 

Dokumen syarat pengurusan ISO yang wajib dikumpulkan meliputi:

  1. Ruang lingkup SMM.
  2. Kebijakan mutu.
  3. Sasaran mutu.
  4. Kriteria evaluasi dan pemilihan pemasok.

Selain itu ada beberapa jenis rekaman wajib yang dibutuhkan, di antaranya adalah:

  1. Rekaman properti pelanggan.
  2. Rekaman pengendalian desain dan pengembangan.
  3. Hasil audit internal.
  4. Hasil tinjauan manajemen.
  5. Hasil tindakan korektif.
  6. Rekaman tinjauan persyaratan produk atau jasa.
  7. Rekaman pelatihan, keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi. 
  8. Pemantauan dan pengukuran hasil.

Selain itu masih ada beberapa jenis dokumen atau rekaman wajib yang dibutuhkan. Tergantung pada jenis perusahaan yang ingin mengajukan sertifikat ISO. Sebaiknya lakukan konsultasi kepada jasa pengurusan ISO yang sudah dipilih sehingga pemenuhan syarat dokumen ini bisa lebih mudah untuk dilakukan. 

Sebenarnya tidak hanya dokumen dan rekaman wajib yang dibutuhkan untuk bisa mendapat sertifikat ISO. Ada beberapa jenis dokumen non-wajib yang juga perlu dikumpulkan. Berikut adalah contoh dokumen non-wajib yang dibutuhkan:

  1. Prosedur penanganan risiko dan peluang.
  2. Prosedur produksi dan penyediaan jasa.
  3. Prosedur pergudangan.
  4. Prosedur audit internal.
  5. Prosedur tinjauan manajemen.

Selebihnya mungkin ada beberapa dokumen lain yang bersifat non-wajib. Sesuai dengan namanya, jenis dokumen ini boleh disertakan namun juga tidak masalah jika tidak dikumpulkan. Hanya saja dokumen tersebut bisa jadi pendukung yang akan membuat proses evaluasi mungkin akan berjalan lebih efektif dan menguntungkan perusahaan. 

Keuntungan Memakai Jasa Pengurusan ISO

Mengapa perusahaan perlu memakai jasa pengurusan ISO padahal bisa saja melakukan pengajuan sendiri? Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan jika menggunakan jasa ISO seperti ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan:

  1. Proses Lebih Mudah

    Dengan menggunakan jasa ISO, maka perusahaan akan merasakan proses yang lebih mudah untuk dijalani. Perlu diketahui bahwa pengurusan ISO ini bisa saja membutuhkan proses yang terasa rumit. Apalagi jika perusahaan tersebut belum pernah mengurus ISO dan tidak ada pengalaman sama sekali. 
    Daripada membuang-buang tenaga untuk meraba hal yang belum diketahui secara pasti, maka minta saja bantuan dari pihak yang sudah berpengalaman. Jasa ISO akan membantu Anda mengurus semua persyaratan dokumen sehingga sertifikat ISO bisa segera didapatkan. Apalagi jasa ini pasti sudah berpengalaman sehingga proses yang ditempuh akan jauh lebih efektif. 

  2. Lebih Hemat Waktu

    Mengurus ISO dengan jasa yang terpercaya akan membuat perusahaan bisa lebih hemat waktu. Pengurusan ISO ini tidak hanya membutuhkan tenaga tapi juga butuh waktu yang cukup banyak. Apalagi jika perusahaan tidak memakai jasa yang berpengalaman. Dengan adanya jasa ISO, proses pengurusan bisa berjalan lebih cepat karena sudah tahu tahap-tahap apa saja yang harus dilalui. 

  3. Risiko Kesalahan Minimal

    Bukan tidak mungkin ada kendala yang harus dihadapi selama mengurus ISO. Kendala-kendala seperti ini bisa saja muncul karena kesalahan dari pihak perusahaan yang tidak tahu pasti syarat serta prosedur mengurus ISO itu sendiri. Agar risiko terjadinya kesalahan atau kendala tersebut bisa minimal maka gunakanlah bantuan jasa yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam mengurus sertifikat ISO.

  4. Hemat Biaya

    Jika ingin memakai jasa ISO, perusahaan memang harus mengeluarkan bujet atau anggaran khusus. Namun perlu diketahui bahwa besarnya anggaran ini justru jauh lebih hemat daripada mengurus ISO secara mandiri. Mengurus ISO secara mandiri bisa mengeluarkan biaya lebih besar karena risiko kesalahannya juga cukup besar. Bisa saja perusahaan harus mengulang proses pengurusan karena ada kesalahan. 

Lebih efektif jika anggaran yang dimiliki dipakai untuk membayar jasa yang sudah berpengalaman. Anggaran tersebut bisa lebih bermanfaat jika digunakan untuk sesuatu yang jauh lebih pasti. Tentu saja perusahaan bisa mencari layanan jasa yang menawarkan biaya paling sesuai dengan bujet atau anggaran. 

Jasa pengurusan ISO memang akan memberikan bantuan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Dengan adanya jasa ini maka proses mengurus ISO bisa jadi lebih mudah dan cepat. Pastikan untuk memenuhi semua syarat dan mengikuti tahapannya sesuai ketentuan agar proses pengurusan ISO bisa berjalan lancar sesuai harapan. 

Butuh Layanan Jasa Pengurusan ISO Yuk Hubungi Kami Sekarang

× Tertarik Menggunakan Jasa Kami?