Jasa Pembuatan Somasi

Manfaat Menggunakan Jasa Pembuatan Somasi

Di tengah kehidupan bermasyarakat ini kita memang tak bisa lepas dari apa yang namanya sengketa atau permasalahan hukum tertentu. Perlu diketahui bahwa dalam sebuah penyelesaian kasus sengketa, ada sebuah istilah yang sering digunakan yaitu somasi. Mari mengenal lebih jauh apa yang dimaksud dengan somasi dan apa saja manfaat menggunakan jasa pembuatan somasi dalam sebuah kasus tertentu.

Pengertian Somasi

Mungkin istilah somasi ini memang sudah sering didengar namun belum bisa dipahami dengan jelas apa artinya. Somasi adalah sebuah peringatan yang diberikan oleh calon penggugat kepada calon tergugat sesuai dengan proses atau jalur hukum. Biasanya somasi ini lebih mudah dipahami sebagai sebuah perintah atau teguran.

Meskipun begitu somasi bukanlah sebuah teguran biasa namun diatur dalam Pasal 1238 KUHPerdata. Somasi ini sebenarnya merupakan sebuah kesempatan bagi calon tergugat agar bisa melakukan upaya tertentu untuk mengatasi gugatan tersebut. Jadi bisa dilakukan suatu usaha untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih baik, sebelum masuk ke pengadilan. 

Somasi dapat dilakukan oleh individu maupun kolektif atau berkelompok. Somasi juga bisa dilayangkan langsung oleh calon penggugat atau dari pihak pengacara yang terlibat. Tentu saja bersama datangnya somasi ini diharapkan kedua pihak bisa menemukan jalan lain yang saling menguntungkan, di luar proses sengketa melalui jalur hukum. 

Jadi penting untuk diketahui bahwa penyelesaian sebuah konflik di pengadilan itu cukup rumit untuk dilakukan. Jika memang bisa diselesaikan secara baik-baik melalui metode lain maka akan sangat direkomendasikan. Itulah mengapa dilakukan somasi dengan harapan kedua pihak bisa menemukan cara penyelesaian sebelum kasus benar-benar diajukan ke pengadilan. 

Poin Penting dalam Somasi

Perlu diketahui bahwa ada beberapa poin penting dalam pembuatan somasi. Somasi ini perlu memuat beberapa poin sehingga tujuannya bisa tercapai dengan baik. Berikut adalah beberapa poin yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan somasi:

  1. Latar Belakang Masalah

    Poin pertama latar belakang masalah yang membuat somasi tersebut dibuat. Tentu saja harus dituliskan secara detail apa latar belakang masalah yang dialami oleh pihak penggugat sehingga ingin mengajukan gugatan. Namun perlu diperhatikan bahwa latar belakang masalah ini tidak boleh dibuat seenaknya sendiri. Latar belakang masalah harus ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada dan harus ada buktinya. 

  2. Pernyataan Teguran atau Perintah

    Selanjutnya somasi ini juga harus memuat pernyataan teguran atau perintah. Teguran atau perintah tersebut disesuaikan dengan gugatan yang ingin dilayangkan oleh calon penggugat. Misalnya saja teguran atau perintah agar calon tergugat melaksanakan perjanjian, memberi ganti rugi, mengakhiri perjanjian, dan lain sebagainya.
    Dalam menyatakan teguran atau perintah ini calon penggugat harus bersikap tegas. Teguran tersebut harus memberikan efek kepada calon tergugat. Sehingga calon tergugat bisa segera mengambil langkah, apakah ingin mengambil jalan negosiasi atau maju ke pengadilan. Teguran atau perintah ini bisa dikonsultasikan dulu kepada pengacara atau tim pembuat somasi yang diajak bekerja sama. 

  3. Detail Permintaan

    Tidak hanya memberikan pernyataan teguran atau perintah dalam satu kalimat, calon penggugat juga harus mencantumkan detail permintaan. Misalnya, jika dalam somasi tersebut tercantum permintaan pembayaran ganti rugi maka tuliskan detailnya. Harus ada detail informasi yang lengkap, berapa besar ganti rugi yang diminta dan apa tujuannya. 

  4. Pernyataan Membuka Ruang Negosiasi

    Somasi diberikan untuk memperbesar peluang damai atau negosiasi. Oleh sebab itu dalam penulisan somasi harus dicantumkan pernyataan bahwa calon penggugat membuka ruang negosiasi bersama calon tergugat. Bisa juga dicantumkan opsi yang dapat diambil oleh calon tergugat agar masalah bisa diselesaikan tanpa harus maju ke pengadilan. 
    Dalam pemberian opsi ini, calon penggugat harus memikirkannya secara matang. Pastikan bahwa opsi yang diberikan kepada calon tergugat tidak memberi kerugian tapi mendatangkan keuntungan. Buat juga opsi yang sekiranya akan membuat calon tergugat mau mengambil opsi tersebut. Dengan begitu tak perlu ada pengajuan kasus ke pengadilan dan proses penyelesaian perkara bisa jadi lebih singkat. 

  5. Jangka Waktu

    Melalui somasi ini pihak calon penggugat juga perlu mencantumkan jangka waktu pemenuhan hal yang dituntut. Misalnya, dalam somasi tersebut diharapkan calon tergugat bisa memberikan biaya ganti rugi. Maka cantumkan jangka waktu yang diberikan oleh calon penggugat. Jika dalam jangka waktu tersebut tidak ada pembayaran ganti rugi maka gugatan bisa diajukan ke pengadilan. 
    Pastikan untuk meneliti ulang isi somasi sebelum dilayangkan kepada calon tergugat. Somasi tersebut harus memuat poin-poin yang lengkap dan dikemas secara padat. Jika ada bagian yang dirasa kurang atau mungkin berlebihan bisa direvisi terlebih dahulu agar somasi tersebut lebih akurat. 

Baca   Cara Pendirian Perusahaan Penanaman Modal Asing

Proses Pembuatan Somasi

Perlu diketahui bahwa somasi ini merupakan bentuk dokumen yang memiliki peran penting. Oleh sebab itu pembuatannya harus dipikirkan sebaik mungkin agar tujuan dari somasi tersebut bisa tercapai. Berikut ini adalah gambaran proses pembuatan somasi yang perlu diketahui:

  1. Menunjuk Law Firm sebagai langkah awal penunjukan kuasa hukum atas masalah hukum yang di hadapi .
  2. Jelaskan identitas calon tergugat yang menerima somasi (bisa berupa individu atau instansi).
  3. Tuliskan poin-poin inti perkara yang dipermasalahkan serta tuliskan hal apa yang menjadi tuntutan.
  4. Berikan jarak waktu yang sesuai untuk diberikan kepada penerima somasi. 
  5. Tentukan upaya hukum lanjutan yang ingin ditempuh terhadap calon tergugat jika tidak bisa memenuhi tuntutan. 
  6. Berikan tanda tangan dan nama terang. 

Sebenarnya bentuk dari somasi itu sangat bervariasi. Tentu saja isi somasi akan dipengaruhi oleh jenis kasus serta pihak calon penggugat, calon tergugat, serta bentuk tuntutan yang diinginkan. Namun secara garis besar, pembuatannya sesuai dengan yang sudah dibahas di sini. 

Selain itu pembuatan somasi juga harus memperhatikan cara penulisan yang tepat. Ejaan dan tanda bacanya harus diperhatikan secara cermat. Somasi juga tak boleh dibuat terlalu panjang. Sebaiknya singkat saja namun bisa mencakup semua poin yang ingin disampaikan calon penggugat kepada calon tergugat. 

Manfaat Memakai Jasa Pembuatan Somasi

Calon penggugat tak harus membuat somasi sendiri. Ada layanan jasa pembuatan somasi yang bisa membantu proses penyusunan dokumen ini. Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan jasa ini karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Berikut adalah manfaat menggunakan layanan jasa khusus dalam proses membuat somasi:

  1. Lebih Hemat Waktu

Calon penggugat bisa menghemat lebih banyak waktu jika somasi ini dibuat oleh Kantor Pengacara yang lebih berpengalaman. Saat Anda menyewa jasa khusus maka proses pembuatan somasi tersebut akan diselesaikan oleh jasa tersebut. Jadi Anda tak perlu repot menghabiskan waktu untuk membuat somasi. Apalagi jika belum pernah ada pengalaman membuat somasi sebelumnya, pasti prosesnya semakin lama. 

Baca   Cara Mendaftarkan Paten

Memang benar bahwa contoh somasi bisa dilihat di internet atau sumber-sumber lain. Namun setiap isi somasi pasti berbeda karena kasusnya berbeda dan pihak calon penggugat maupun calon tergugat juga tidak sama. Daripada menghabiskan waktu lama untuk menyusun somasi tersebut maka akan jauh lebih baik jika mempercayakan proses pembuatannya pada profesional.

  1. Somasi Disusun dengan Tepat

Pembuatan somasi mungkin terlihat mudah dan sederhana. Namun bisa saja orang awam akan merasa kesulitan dalam proses penyusunan dokumen tersebut. Somasi sebaiknya dibuat dengan susunan format yang benar agar mudah dibaca dan dipahami. Namun jika dibuat oleh orang yang kurang berpengalaman maka bisa saja susunan formatnya tidak tepat. 

Jika Anda mempercayakan pembuatan somasi ini pada jasa yang terpercaya maka bisa dipastikan susunan format somasi lebih akurat. Anda tak perlu membuang waktu untuk memperbaiki format somasi. Jasa yang profesional pasti tahu betul seperti apa susunan pembuatan somasi tanpa harus mengulanginya. Jauh lebih hemat waktu dan tenaga.  

  1. Sesuai Harapan

Sebaiknya konsultasikan dulu isi somasi dengan pengacara atau jasa pembuat dokumen somasi ini. Utarakan maksud tuntutan Anda, kronologi kasusnya, serta perintah apa yang ingin disampaikan kepada calon tergugat. Dengan memahami semua informasi ini maka pembuat somasi akan lebih mudah dalam menyusun materi somasi tersebut. 

Hasilnya, isi somasi akan sesuai dengan harapan Anda sebagai calon penggugat. Meskipun membuat somasi sendiri namun bisa saja isinya tidak sesuai dengan maksud sebenarnya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan orang awam dalam menyusun kalimat teguran terkait kasus gugatan hukum. Dengan adanya jasa profesional maka penulisan maksud tersebut bisa lebih jelas.

Selain itu, jasa profesional juga akan lebih mudah menuliskan bukti-bukti pendukung yang berhubungan dengan dunia hukum. Misalnya saja pencantuman pasal dan ayat Undang-Undang. Mungkin saja Anda akan menuliskan pasal yang salah karena tak menguasai bidang hukum dengan baik. 

  1. Isi Lebih Jelas dan Akurat
Baca   Prosedur Proses Arbitrase

Pembuatan somasi yang dilakukan oleh jasa profesional akan jauh lebih akurat. Isi dari somasi juga bisa lebih jelas karena disusun oleh pihak yang sudah berpengalaman. Layanan jasa somasi ini pasti sudah berkali-kali membuat somasi sehingga hafal betul bagaimana penyusunan somasi yang tepat agar isinya bisa tersampaikan dengan jelas. 

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan somasi adalah kejelasan dan keakuratan isinya. Jika isi somasi tersebut jelas dan akurat maka pihak calon tergugat yang menerima somasi bisa memahaminya dengan baik. Tidak akan muncul kesalahpahaman akibat isi somasi yang simpang siur. Dengan begitu akan lebih mudah bagi calon tergugat untuk mengambil tindakan lebih lanjut. 

  1. Minim Kesalahan

Manfaat lain dari penggunaan jasa untuk membuat somasi adalah bisa meminimalkan kesalahan. Dalam penyusunan somasi seringkali terjadi kesalahan apalagi jika somasi tersebut dibuat oleh orang awam. Padahal jika ada kesalahan pada penyusunan somasi maka kasus atau gugatan tersebut bisa saja bertambah rumit. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk menyelesaikan perkara juga bisa jauh lebih besar.

Jasa profesional bisa menuliskan somasi dengan kesalahan yang sangat minim. Bahkan karena pengalaman mereka di bidang hukum dan membuat somasi, mereka tak akan melakukan kesalahan. Ketelitian para jasa profesional pembuat somasi ini pasti bisa diandalkan dan Anda tak perlu keluar biaya lebih besar. 

Jika disusun dengan cara yang tepat oleh pihak yang berpengalaman maka somasi ini bisa menjadi pembuka pintu damai bagi calon penggugat dan calon tergugat. Oleh sebab itu percayakan proses pembuatan somasi ini di jasa yang tepat. Burs Advocates akan menjadi pilihan jasa pembuatan somasi yang bisa Anda andalkan karena sudah terbukti profesional dan berpengalaman di bidangnya. 

Somasi Kami Berupa Layanan:

  1. Hutang Piutang
  2. Pencemaran Nama Baik
  3. Perebutan harta
  4. Tanah
  5. Gedung
  6. dan Lainya

Daftar Harga Pembuatan Somasi di Burs Advocates

Jasa Menjawab Somasi
2 jt
Pembuatan Jawaban Somasi dari Lawan
1. Jasa Menjawab Somasi dari pengacara
2. Bukan Biaya Pendampingan ke pengadilan
3. Free Konsultasi
4. 3 kali menjawab
Pesan
Jasa Pembuatan Somasi
3 Jt
Pembuatan Somasi Untuk Lawan
1. Jasa Pembuatan Somasi dari pengacara
2. Bukan Biaya Pendampingan perkara ke Pengadilan / Kepolisian
3. Free Konsultasi
4. 3 kali menjawab
Pesan
Jasa Pembuatan Somasi +Mediasi
5 Jt
Pembuatan Somasi Untuk Lawan + Mediasi
1. Jasa Pembuatan Somasi dari pengacara
2. Bukan Biaya Pendampingan perkara ke Pengadilan
3. Free Konsultasi
4. 3 kali menjawab
5. Free mediasi ke lawan
Pesan
Jasa Jawaban Somasi +Mediasi
5 Jt
Pembuatan Jawaban Somasi dari Lawan + Mediasi
1. Jasa Pembuatan Somasi dari pengacara
2. Bukan Biaya Pendampingan perkara ke Pengadilan
3. Free Konsultasi
4. 3 kali menjawab
5. Free mediasi ke lawan
Pesan

Gunakan Jasa Somasi dari Kami atau Berlangganan Hubung Kami

×

Kamu Ingin Menggunakan Layanan Kami ?

× Kami Solusi Advokat Anda ! Chat Sekarang.