Jasa Pengacara Hutang Piutang

Manfaat Menggunakan Jasa Pengacara Hutang Piutang

Perkara hutang piutang sebenarnya bukan hal yang aneh lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Hanya saja skala hutang piutang sangat beragam mulai dari yang kecil sampai besar. Terkait hutang piutang berskala besar biasanya sering terjadi konflik. Dalam kasus seperti ini akan sangat dibutuhkan peran dari jasa pengacara hutang piutang agar konflik bisa diselesaikan melalui jalan damai. 

Pengertian Hutang Piutang

Mari pahami dulu apa sebenarnya hutang piutang itu. Ini merupakan sebuah hubungan pinjam meminjam uang yang terjadi antara dua pihak. Pihak yang meminjamkan uang disebut sebagai kreditur sementara pihak yang meminjam uang adalah debitur. Hutang piutang ini dilakukan dengan berbagai macam tujuan. Mulai dari pemenuhan kebutuhan mendesak hingga kebutuhan bisnis berskala besar. 

Dalam sebuah hubungan hutang piutang, debitur maupun kreditur memiliki kewajiban dan hak masing-masing. Tentu saja keduanya harus menjaga hubungan baik dan menjalankan kewajibannya sesuai ketentuan. Hutang piutang ini harus bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Pengertian tentang hubungan hutang piutang ini bisa dilihat pada pasal 1754 KUHPerdata. 

Jika ada salah satu pihak yang tidak menjalankan kewajibannya, maka pihak yang dirugikan bisa mengajukan gugatan. Apalagi jika hal ini menyebabkan hak pihak lain jadi tidak bisa dinikmati sesuai ketentuan yang berlaku. Penyelesaian masalah ini akan dilakukan lewat gugatan perdata dan diajukan ke pihak pengadilan.

Apa Itu Pengacara Hutang Piutang? 

Setelah memahami pengertian hutang piutang, mari kenali profesi pengacara hutang piutang. Dari namanya saja sebenarnya sudah bisa diketahui bahwa ini merupakan pengacara yang bekerja menyelesaikan kasus hutang piutang. Pengacara ini akan bekerja untuk satu pihak, baik itu kreditur maupun debitur untuk menyelesaikan konflik yang menyangkut kesepakatan hutang piutang antara dua pihak tersebut. 

Hubungan hutang piutang biasanya akan dilandasi dengan perjanjian-perjanjian. Khususnya untuk jenis hutang piutang berskala besar dan salah satu pihaknya merupakan perusahaan, perbankan, atau lembaga tertentu. Perjanjian ini akan mengatur hak serta kewajiban yang dimiliki oleh kreditur maupun debitur.

Namun perlu diketahui bahwa pada kenyataannya, hutang piutang bisa saja tidak berjalan lancar seperti yang diharapkan. Mungkin akan ada kendala-kendala yang menyertainya dan memicu munculnya konflik di antara debitur dan kreditur. Penyelesaian masalah ini harus dilakukan sesuai aturan hukum yang berlaku. Oleh sebab itu dibutuhkan jasa profesional yang paham betul mengenai aturan tersebut. 

Baca   Cara Mendaftarkan Paten

Banyak faktor yang menyebabkan kreditur atau debitur kemudian membawa kasus hutang piutang mereka ke pengadilan. Gugatan seperti ini tampaknya sudah sangat umum terjadi meskipun kronologi kasusnya bervariasi. Secara garis besar pasti gugatan utang piutang ini dipicu karena ada pihak yang merasa dirugikan. 

Penyelesaian Perkara Hutang Piutang

Masalah hutang piutang di Indonesia sebenarnya cukup sensitif dan bisa jadi pemicu masalah besar jika pihak-pihak yang terlibat tidak mematuhi ketentuan atau perjanjian. Mungkin hutang piutang ini bisa dianggap sepele namun pada kenyataannya dapat memicu sebuah masalah besar. Penyebab munculnya gugatan dalam kasus hutang piutang ini juga sangat beragam.

Penyebab yang paling sering ditemui adalah karena debitur tidak bisa membayar pinjaman sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama. Kemudian bisa juga terjadi konflik karena salah satu pihak terbukti menggelapkan dana pinjaman. Tidak hanya kreditur yang bisa dirugikan namun ada juga beberapa kasus dimana debitur harus mengalami kerugian yang lebih besar. 

Perkara hutang piutang ini biasanya diselesaikan melalui proses mediasi. Namun langkah mediasi ini bisa saja gagal sehingga dibutuhkan penyelesaian melalui jalur hukum agar dua pihak mendapatkan apa yang diinginkan. Berikut adalah dua pilihan penyelesaian perkara hutang piutang lewat jalur hukum:

  1. Penggugat melaporkan tergugat kepada pihak berwajib atas tuduhan yang tercantum di Pasal 372 KUHP tentang penggelapan uang dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan.
  2. Penggugat mengajukan gugatan perdata atau wanprestasi ke pengadilan dan disertai dengan permintaan ganti rugi. 

Dalam proses penyelesaian perkara hutang piutang melalui jalur hukum ini maka dibutuhkan tenaga hukum yang profesional. Salah satunya adalah jasa pengacara hutang piutang yang akan membantu penyelesaian masalah agar berjalan lancar. Selain itu pengacara ini juga diharapkan bisa memberi keuntungan optimal bagi pihak penggugat. 

Manfaat Menggunakan Jasa Pengacara Hutang Piutang

Pihak penggugat mungkin bisa saja memenuhi dokumen persyaratan gugatan dan mengurus masalah hutang piutang ini sendiri. Namun sangat disarankan untuk memakai jasa pengacara yang profesional. Berikut adalah manfaat yang bisa dirasakan jika memakai jasa pengacara hutang piutang:

  1. Prosesnya Lebih Mudah

    Dengan menggunakan jasa pengacara yang profesional, maka proses pengurusan masalah hutang piutang ini bisa berjalan lebih mudah. Pengacara ini memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni di bidang hukum. Tentu saja proses penyelesaian gugatan utang piutang akan jauh lebih mudah untuk dilakukan karena pengalaman dan pengetahuan yang ia miliki. 
    Bayangkan jika Anda sendiri sebagai orang awam harus menyelesaikan gugatan utang piutang. Tentu akan terasa sangat sulit apalagi jika memang tidak tahu apapun soal masalah hukum. Prosesnya bisa jauh lebih panjang dan sangat melelahkan karena keterbatasan kemampuan juga pengetahuan yang Anda miliki. 
    Pilihlah jasa pengacara yang bisa membantu Anda menjalani proses hukum ini secara efektif. Pengacara yang profesional juga pasti sudah memiliki koneksi yang akan menguntungkan Anda sebagai penggugat. Jika memang tidak mampu mengajukan gugatan sendiri maka jangan memaksakan diri dan serahkan pada pihak yang profesional. 

  2. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

    Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, selain proses pengajuan gugatan lebih mudah juga akan lebih hemat waktu dan tenaga. Anda bisa menyerahkan semuanya kepada jasa pengacara yang sudah dipilih. Proses penyelesaian perkara tidak akan menguras energi dan waktu Anda. Proses gugatan ini bisa berjalan lebih cepat karena ada jasa pengacara profesional yang menanganinya. 
    Dalam mengajukan gugatan hukum, Anda biasanya akan diminta untuk mengumpulkan banyak jenis dokumen. Selain itu Anda juga akan diminta untuk mengikuti tahap demi tahap proses gugatan. Jika tidak ada pengacara yang membantu tentu saja semua ini akan menghabiskan tenaga dan waktu yang Anda miliki. 
    Banyak sekali pihak yang sebenarnya terlibat dalam perkara hutang piutang namun enggan membawa masalah tersebut ke jalur hukum. Alasannya sederhana, mereka tak punya cukup waktu dan energi untuk menyelesaikan perkara tersebut. Padahal saat ini ada jasa pengacara yang khusus bekerja menyelesaikan berbagai jenis konflik terkait hutang piutang. 

  3. Terhindar dari Masalah Hukum

    Perlu dipahami bahwa dalam proses pengajuan gugatan, bisa saja muncul masalah hukum yang lain. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pihak penggugat maupun tergugat. Penyebab utamanya adalah karena tidak ada pengetahuan dan pengalaman yang memadai sehingga rentan sekali terjadi pelanggaran hukum. 
    Jasa pengacara akan membantu memberikan arahan yang tepat sehingga kecil kemungkinan terjadi pelanggaran. Masalah hukum yang terjadi pada saat pengajuan gugatan sebenarnya bisa berakibat fatal. Nantinya bisa muncul kendala besar dalam proses penyelesaian perkara tersebut. Jadi sebaiknya cari jalan aman dengan memakai jasa pengacara hutang piutang yang profesional. 
    Seperti diketahui bahwa pengacara memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai berbagai jenis urusan hukum. Tidak hanya masalah hutang piutang, pengacara juga akan membantu mengarahkan Anda agar terhindar dari pelanggaran hukum lainnya. Dengan begitu proses penyelesaian perkara akan jauh lebih efektif, bersih dari pelanggaran hukum apapun. 

  4. Mendapatkan Fasilitas Konsultasi

    Dengan menggandeng jasa pengacara profesional maka Anda akan mendapatkan fasilitas konsultasi. Selama mengajukan gugatan, Anda mungkin butuh konsultan yang akan memberi saran terbaik. Bahkan sebelum mengajukan gugatan, Anda juga butuh tenaga hukum profesional untuk memberikan arahan terbaik agar Anda bisa menang dalam konflik tersebut. 
    Jika Anda memutuskan untuk maju menangani kasus tersebut tanpa pengacara, maka akan sulit untuk mendapatkan arahan yang tepat. Jasa pengacara sudah paham betul mengenai masalah hukum. Apalag jika pengacara yang Anda pakai memang spesialis di bidang hutang piutang. Jadi akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi penting terkait penyelesaian perkara tersebut. 

  5. Meminimalkan Kerugian

    Pemakaian jasa pengacara dalam menyelesaikan perkara hutang piutang akan membantu meminimalkan kerugian. Penting untuk diketahui bahwa proses pengajuan gugatan ini akan membutuhkan biaya. Akan sangat berbahaya jika biaya tersebut terbuang percuma karena Anda tidak bekerja sama dengan pihak yang profesional. Biaya yang sudah dikeluarkan bisa saja berakhir sia-sia tanpa keuntungan. 
    Lain halnya jika Anda memakai jasa pengacara yang sudah profesional dan berpengalaman. Proses penyelesaian perkara akan berjalan efektif sehingga dana yang dikeluarkan akan terasa lebih bermanfaat. Anda mungkin memang butuh biaya besar untuk menyewa pengacara namun sangat sebanding dengan manfaat yang bisa didapatkan. 
    Pengacara juga bisa membantu Anda untuk terhindar dari berbagai jenis pengeluaran yang mungkin tidak efektif. Selama proses hukum berlangsung, mungkin akan ada godaan untuk mengeluarkan biaya lebih besar. Pengacara dapat memberikan saran terbaiknya sehingga sang klien tidak akan asal-asalan mengeluarkan biaya dan bisa lebih fokus pada proses gugatan. 

  6. Memperbesar Peluang Menang Gugatan

    Saat membuat pengajuan gugatan dalam sebuah konflik hutang piutang, Anda pasti berharap untuk menang. Tentu peluang menang gugatan ini memang terbuka bagi Anda namun akan jauh lebih besar jika Anda menggunakan jasa pengacara. Apalagi jika jasa pengacara yang digunakan memiliki kompetensi terbaik. 
    Jika berhasil memenangkan gugatan maka keuntungan yang akan diperoleh tentu lebih besar. Anda bisa mendapatkan kembali hak yang sudah direnggut oleh pihak tergugat. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan ganti rugi sesuai dengan isi tuntutan. Semua ini bisa diperoleh jika Anda mengandalkan jasa pengacara terbaik yang sudah berpengalaman. 

Baca   Pengacara Arbitrase

Sebelum memulai penyelesaian konflik lewat jalur hukum, pastikan Anda sudah siap mengajukan gugatan. Pilihlah jasa pengacara hutang piutang yang berpengalaman dan bisa membantu Anda keluar dari masalah tersebut. Bersama jasa pengacara yang tepat, Anda bisa mengajukan gugatan tepat sasaran dan tentu saja hasilnya akan jauh lebih memuaskan. 

Gunakan Jasa Penyelesaian Hutang Piutang Segera Hubungi Kami! Berpengalaman Penyelesaian Utang Piutang.

×

Kamu Ingin Menggunakan Layanan Kami ?

× Kami Solusi Advokat Anda ! Chat Sekarang.