Biaya Pengacara Perceraian

Mengenal Peran Pengacara Perceraian dan Biaya Pengacara Perceraian

Saat menjalani proses perceraian, salah satu hal yang harus dipikirkan adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam proses perceraian. Selain biaya perceraian yang sudah ditetapkan oleh pengadilan, biaya juga bisa berasal dari jasa pengacara yang digunakan. Simak berikut ini peran dari pengacara perceraian tersebut, berikut dengan biaya pengacara perceraian yang harus dikeluarkan. 

Apa Itu Pengacara Perceraian? 

Pengacara perceraian merupakan pengacara atau penasehat hukum yang bertugas memberikan nasihat hukum, serta mencarikan jalan keluar melalui jalan hukum, untuk mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri. Selain mengurus perceraian, pengacara perceraian juga berperan dalam hal terkait lain seperti hak asuh anak hingga harta gono-gini. 

Lantas, apakah pengacara perceraian ini wajib dimiliki atau digunakan jasanya pada saat menghadapi proses perceraian? Jawabannya adalah tidak. Proses perceraian masih bisa berlangsung tanpa adanya pengacara perceraian. Namun, jika tidak ada pengacara perceraian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses perceraian itu menjadi jauh lebih lama. 

Peran Pengacara Perceraian

Pemanfaatan jasa pengacara perceraian mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Pemberitaan perceraian para pesohor negeri di televisi bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi Anda, mengenai peran dari para pengacara perceraian ini. Untuk informasi lebih lengkap mengenai peran pengacara perceraian ini, Anda bisa simak pada ulasan di bawah ini. 

  1. Menentukan Penyebab Perceraian

    Pada awal proses perceraian, pengacara akan berperan dalam menentukan penyebab perceraian. Pengacara perceraian akan membantu dalam menentukan dan menjelaskan alasan perceraian, sehingga nantinya bisa dikabulkan oleh hakim. Hal ini dilakukan karena tidak semua alasan perceraian yang diajukan akan bisa dikabulkan oleh hakim. 
    Mengingat alasan perceraian yang diajukan nantinya harus disertai dengan bukti, maka pengacara perceraian akan terlibat dalam pengumpulan bukti perceraian tersebut. Alhasil, Anda akan jadi terbantu dan tidak sendirian dalam mengumpulkan bukti yang sekiranya memang bisa mendukung alasan perceraian nantinya.

  2. Memberi Ruang untuk Berkonsultasi dan Saran 

    Pengacara perceraian juga memiliki peran dalam memberi ruang untuk berkonsultasi bagi para kliennya, serta memberi saran yang sekiranya bermanfaat bagi proses perceraian yang nantinya akan dilakukan. Dengan begini, pengguna jasa pengacara perceraian akan bisa berpikir dengan jernih terkait dengan niatnya untuk bercerai, serta tidak gegabah dalam mengambil tindakan. 

  3. Menentukan Pengadilan yang Tepat 

    Pengacara perceraian akan membantu Anda dalam menentukan pengadilan yang tepat. Meskipun terkesan sepele, namun ternyata ada aturan sendiri dalam penetapan pengadilan untuk mengurus proses perceraian nantinya. Penentuan pengadilan ini sendiri berlaku baik bagi Muslim maupun non-Muslim. 
    Bagi pasangan Muslim, jika sang suami mengajukan perceraian, maka sidang dilakukan di pengadilan domisili istri. Jika sekiranya tinggal di domisili yang sama, maka bisa mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama kota tempat tinggal. Sedangkan untuk pasangan non-Muslim, Pengadilan Negeri yang dipilih adalah pengadilan di tempat domisili pihak yang tergugat. 

  4. Menginformasikan Dokumen yang Dibutuhkan 

    Pengacara perceraian tentu sudah hafal dengan dokumen-dokumen penting apa saja yang dibutuhkan oleh pihak yang akan bercerai. Makanya, Anda yang ingin mengajukan gugatan cerai, bisa dengan lebih mudah menyediakan dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut. Waktu pun bisa jadi lebih hemat digunakan dalam mengumpulkan dan menyediakan dokumen. 

  5. Menyusun Surat Gugatan Cerai 

    Peran selanjutnya dari pengacara perceraian adalah menyusun surat gugatan cerai. Surat gugatan cerai yang nantinya disusun akan berisikan penyebab perceraian. Anda sebagai pihak yang mengajukan gugatan tidak perlu datang ke pengadilan untuk mengurus surat gugatan cerai, karena pengacara perceraian akan mengurus surat gugatan dan administrasinya sesuai dengan ketentuan.

  6. Menyiapkan Mediasi bagi Pasangan 

    Pengacara perceraian juga berperan dalam mempersiapkan proses mediasi bagi pasangan yang ingin bercerai. Proses mediasi umumnya disiapkan beberapa hari sebelum sidang gugatan cerai dilakukan. Proses mediasi dilakukan untuk menyelesaikan perkara melalui perundingan, hingga nantinya bisa ditemukan kesepakatan. 
    Pada saat mediasi dilangsungkan, pasangan suami istri akan dipertemukan untuk menyelesaikan masalah yang kemungkinan akan dibahas nantinya saat sidang gugatan cerai. Selain itu, proses mediasi juga bertujuan untuk merukunkan atau menyatukan kembali pasangan suami istri tersebut. Jika memang tidak berhasil, maka proses perceraian akan dilanjutkan ke sidang gugatan cerai. 

  7. Mempersiapkan Alat Bukti yang Kuat 

    Bagi Anda yang sedang kalut dalam mengurus proses perceraian, kehadiran pengacara perceraian akan bisa memberikan titik terang. Pengacara perceraian akan menginformasikan hal-hal apa saja yang bisa dijadikan sebagai bukti nantinya kala sidang gugatan cerai, sehingga Anda tidak perlu kebingungan dalam menentukan bukti tersebut nantinya. 
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, alasan perceraian harus didukung dengan bukti yang kuat. Keberadaan bukti ini nantinya akan bisa mencegah terjadinya penolakan oleh pihak lawan dan juga Majelis Hakim yang memimpin sidang gugatan cerai nantinya. Bukti yang kuat akan membuat pihak lawan kesulitan untuk menyanggah alasan perceraian yang dipaparkan nantinya. 

  8. Mempersiapkan Saksi

    Selain alat bukti, sidang perceraian juga membutuhkan saksi yang bisa mendukung alasan perceraian. Pengacara perceraian berperan dalam menentukan dan mempersiapkan saksi, yang mungkin berasal dari keluarga, kerabat, teman, atau tetangga. Intinya, saksi tersebut mengetahui bagaimana kondisi rumah tangga, sehingga kesaksiannya bisa sejalan dengan alasan perceraian yang diajukan. 

  9. Membuat Kesimpulan Perkara 

    Pengacara perceraian juga akan membuat kesimpulan perkara di hadapan hakim, dalam bentuk pernyataan penyebab terjadinya perceraian. Nantinya, Anda hanya perlu menjawab apa yang perlu dijawab sebagai pihak tergugat atau penggugat saja saat menjalani persidangan. Alhasil, Anda pun tidak akan menghadapi proses perceraian yang terasa berbelit-belit.

  10. Mengurus Akta Cerai 

    Saat sidang perceraian sudah selesai, pengacara perceraian akan berperan dalam mengurus akta cerai. Pengacara perceraian akan mengurus akta cerai itu dari awal, hingga akhirnya diterbitkan. Akta cerai ini sendiri hanya bisa didapatkan saat sidang sudah selesai dilangsungkan dan sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap. 

  11. Mewakili Klien 

    Ada kalanya, Anda mungkin tidak bisa atau berhalangan hadir dalam sidang yang telah diagendakan oleh pengadilan. Saat adanya hambatan untuk menghadiri sidang ini, Anda bisa diwakilkan oleh pengacara perceraian yang telah Anda tunjuk sebelumnya, sehingga persidangan bisa berlangsung dengan sebagaimana mestinya. 

  12. Menyelesaikan Hal Terkait Perceraian Lainnya 

    Tak jarang, perceraian bukan hanya sekedar untuk memutus ikatan pernikahan saja. Lebih dari itu, dalam perceraian ada yang dikenal dengan namanya pembagian hak asuh anak hingga pembagian harta gono-gini. Tak jarang, hal-hal inilah yang kemudian membuat proses perceraian menjadi lebih kompleks. 
    Pengacara perceraian akan sangat berperan dalam memastikan Anda memperoleh hak yang diinginkan dari perceraian yang dilangsungkan. Pengacara akan mengumpulkan bukti-bukti dan saksi-saksi yang kuat, untuk memastikan misalnya hak asuh anak jatuh ke tangan Anda. Selain itu, pembagian harta gono-gini pun bisa diputuskan dengan sebagaimana mestinya. 

Baca   Tindak pidana khusus

Berapa Biaya Perceraian dan Biaya Pengacara Perceraian di Indonesia? 

Biaya perceraian di Indonesia umumnya merupakan akumulasi dari biaya panjar perkara dengan biaya pengacara. Biaya panjar perkara, baik di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, umumnya berkisar di angka 1 hingga 2 jutaan. Perbedaan biaya mungkin terjadi, disebabkan karena perbedaan radius wilayah dengan pengadilan tersebut.

Sedangkan untuk biaya pengacara yang menangani perceraian, biaya rata-rata dan bisa dibilang paling terjangkau adalah sekitar 10 hingga 20 jutaan. Namun, jangan heran jika banyak juga di luar sana ditemukan biaya pengacara yang jauh lebih tinggi, bahkan hingga menembus angka di atas 50 jutaan. 

Biaya pengacara yang tinggi biasanya disebabkan karena beberapa alasan. Bisa jadi kasus perceraian yang ditangani cukup alot, jam terbang pengacara yang sudah tinggi, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Namun, biaya yang dikeluarkan ini akan dibayar balik oleh pengacara dengan kemudahan dalam mengurus perceraian itu nantinya. 

Biaya Perceraian Muslim Dengan Pengacara 

Biaya perceraian Muslim dengan Pengacara akan terdiri dari biaya panjar perkara dan biaya pengacara perceraian. Biaya panjar perceraian sudah diatur di Pengadilan Agama masing-masing daerah, yang biasanya ada sedikit perbedaan biaya tergantung pada radius domisili dengan Pengadilan Agama tersebut. 

Dilansir dari SK Panjar Perkara yang diterbitkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Timur, biaya panjar perkara untuk cerai gugat di Radius I adalah senilai Rp1.040.000. Sedangkan untuk Radius II, biaya panjar perkaranya sedikit lebih tinggi, yakni senilai Rp1.215.000. Ongkos kirim senilai Rp75.000 akan ditambahkan untuk panggilan pada pihak yang berada di luar wilayah hukumnya. 

Sedangkan untuk biaya pengacara yang mengurus perceraian sendiri berada di kisaran 20 jutaan. Jumlah ini mungkin saja bertambah, karena dikenal dengan yang namanya success fee atau pun biaya lain yang dibutuhkan jika sekiranya proses perceraian berlangsung dengan alot. Jika dikalkulasikan, biaya perceraian Muslim dengan pengacara adalah sekitar 21 hingga 22 jutaan. 

Baca   Kantor Pengacara

Biaya Perceraian Non Muslim Dengan Pengacara 

Biaya perceraian non-Muslim dengan pengacara juga terdiri dari biaya panjar perkara dan biaya pengacara perceraian. Dilansir dari laman situs resmi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, biaya panjar perkara untuk pengajuan gugatan adalah sebesar Rp1.640.000. Jumlah biaya ini mungkin berbeda-beda di daerah lainnya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di daerah masing-masing. 

Sedangkan untuk biaya pengacara perceraian untuk menangani perceraian pasangan non-Muslim, masih terbilang sama dengan biaya pengacara untuk pasangan Muslim, yakni sekitar 10 hingga 20 jutaan pada umumnya. Jika diakumulasikan, jumlah biaya perceraian non-Muslim dengan pengacara berada di sekitar angka 22 jutaan.  

Biaya Perceraian Muslim Tanpa Pengacara 

Jika proses perceraian dilakukan oleh pasangan Muslim tanpa adanya pengacara, maka biaya perceraian Muslim tanpa pengacara umumnya hanya meliputi biaya untuk panjar perkara. Kisaran biaya panjar perkara di Pengadilan Agama sendiri adalah sekitar 1 jutaan. Tarif ini bisa jadi lebih tinggi di Pengadilan Agama lain, sesuai dengan radius wilayahnya.  

Biaya Perceraian Non Tanpa Pengacara 

Sama halnya dengan perceraian di PA tanpa pengacara, biaya perceraian non tanpa pengacara juga berkisar di angka 1 hingga 1.5 jutaan saja. Biaya ini memang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pengurusan perceraian dengan pengacara. 

Itulah tadi ulasan mengenai peran pengacara perceraian, berikut dengan biaya pengacara perceraian. Perceraian tanpa pengacara memang biayanya lebih kecil, namun beresiko membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika memakai jasa pengacara, proses perceraian yang dihadapi akan bisa terasa lebih lancar, disebabkan karena bantuan dan dampingan dari si pengacara.

Kamu Butuh Pengacara Perceraian Hubungi Kami Sekarang

Portofolio Kami

Related Posts
Sewa Pengacara

Simak, Beginilah Cara Sewa Pengacara sesuai dengan Kebutuhan Anda! Advokat atau pengacara merupakan pihak yang mempunyai lisensi atau sudah diangkat Read more

Legal Standing

Sejarah, Jenis dan Prosedur Mengajukan Legal Standing Sesuai Aturan Hukum Legal standing memang bukan istilah yang kerap digunakan sehari-hari ataupun Read more

Perjanjian Pra Nikah

Wajib Tahu! Inilah Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Perjanjian Pra Nikah Perjanjian pra nikah merupakan salah satu bentuk perjanjian yang dianggap Read more