Contoh Surat Talak tertulis

Suatu kasus perceraian merupakan hal yang paling tidak disukai oleh semua Pasangan di dunia ini terutama pasangan yang sudah menjalani kehidupan rumah tangga yang sudah puluhan tahun lamanya, Penyebab perceraian sendiri sangatlah beragam berikut adalah penyebab perceraian yang kamu harus ketahui Berdasarkan Pasal 19 PP No. 09 Tahun 1975:

1. Perselingkuhan

Perselingkuhan Banyak sekali kasus perceraian yang terjadi di karenakan kasus perselingkuhan , kasus perselingkihan ini banyak terjadi hampir di semua kalangan masyarakat di Indonesia dan dunia, alih-alih mendapat kebahagian sesaat namun ini menjadi petaka bagi keharmonisan hubungan rumah tangga.

2. Kekerasan dalam rumah tangga

Kekerasan dalam suatu Rumah tangga banyak terjadi di Masyarakat sekitar kita, bisa di karenakan beberapa faktor diantaranya, faktor stress yang memicu kekerasan dalam rumah tangga dimana Suami atau Istri melakukan tindakan Kekerasan terhadap anggota keluarga atau bahkan anaknya sendiri.

3. Ketidakcocokan

Faktor ini lebih kepada ketidakcocokan dalam mengarungi bahtera rumah tangga, faktor ketidak cocokan disebabkan karena perjodohan ataupu Usia Menikah yang dilakukan saat usia belia sehingga menyebabkan pertengkaran.

4. Suami atau Istri yang Di tinggal tanpa Izin kedua Pihak

Suatu perceraian bisa terjadi di karenakan salah satu pihak selama dua tahun secara berturut turut meninggalkan atau pergi tanpa sebab atau izin dan tanpa alasan yang sah

5. Salah satu Pasangan mendapatkan hukuman penjara ( 5 Tahun ) atau Lebih berat

Perceraian bisa di sebabkan jika salah satu pasangan menerima hukuman 5 tahun atau bisa lebih berat sehingga salah satu pihak bisa mengajukan proses gugatan perceraian.

6. Salah satu Pihak Cacat badan atau Fisik

Penyebab perceraian lainya adalah Jika salah satu pasangan mengalami cacat Fisik sehingga tidak dapat menjalani kewajibanya sebagai suami atau Istri.

Baca   Total Case Yang Kami Tangani

Dari penyebab perceraiana diatas maka peran penting suatu Jasa Pengacara perceraian sangat di butuhkan bagi Pasangan yang hendak melalukan Proses perceraian diantaranya:

  1. Salah Satu Pihak adalah abdi negara

Syarat suatu perceraian bagi PNS adalah buku nikah asi dan juga KTP juga harus ada ijin atasan jika ingin mengajukan perceraian maka di Butuhkan suatu Layanan Jasa pengacara.

  1. Ada Harta Gogo-Gini

Penting diingat bagi yang mengajukan perceraian harta hasil pernikahan merupakan suatu yang menjadi persengketaan jika salah satu pihak mengajukan perceraian, disini peran seorang Lawyer sangat di butuhkan untuk memperjuangkan hak salah satu pihak.

  1. Hak Asuh anak

Dalam perceraian hak Asuh anak pastinya menjadi suatu perebutan dimana salah satu pihak saling mempertahankan buah hatinya penting bagi pihak yang bercerai di dampingi oleh seorang lawyer

  1. Awam terhadap hukum

Biasanya seorang yang di dampinggi seorang lawyer adalah seorang yang awam terhadap persidangan dan belum mengetahui prosedur perceraian.

  1. Salah satu pihak tidak Mau bercerai:

Dalam sidang perceraian banyak terjadi dimana salah satu pihak tidak mau di ceraikan karena beberapa alasan, ini menyebabkan proses perceraian berlangsung lama, Tetapi salah satu Pihak mempunyai hak untuk melakukan suatu perceraian

  1. Dokumen Perceraian tidak lengkap:

Sebuah dokumen perceraian seperti buku nikah sangatlah penting untuk proses persidangan perceraian , banyak perceraian terjadi dimana salah satu pihak enggan menyerahkan kelengkapan prosedur perceraian , maka peran pengacara sangatlah penting disini.

  1. Salah satu pihak tidak mau hadir

Banya terjadi kasus perceraian dimana salah satu pihak tidak mau hadir di persidangan di karenakan Kebencian atau Trauma atas Kekerasan dalam Rumah Tangga, peran lawyer sangatlah penting untuk mewakili salah satu pihak.

Baca   Case Yang Berjalan

Dalam pembuatan surat pernyataan perceraian sangatlah penting dimana salah satu pihak dapat mengajukan cerai dengan sebab perceraian yang di jelaskan diatas tersebut, dimana surat ini di buat oleh kedua belah pasangan yang melakukan proses perceraian berikut

Point Penting yang harus di perhatikan dalam Surat Pernyataan Perceraian:

  1. Nama Surat

    Pada Bagian Awal yang di cantumkan adalah nama surat Perihal Perceraian

  2. Identitas Pihak pertama

    Merupakan pihak yang mengajukan perceraian, Bagian ini menyebutkan Identitas yang jelas mengenai Pihak Pertama

  3. Identitas Pihak Kedua

    Pada Bagian ini berisi IDesntitas yang jelas mengenai Pihak kedua sebagai pemberi Cerai

  4. Isi Surat pernyataan perceraian

    Dalam Hal ini merupakan isi perihal pernyataan kedua belah pihak sudah membuat kesepakatan melakukan kesepakatan Perceraian.

  5. Bagian Penutup

    Pada bagian penutup ini bisa terdiri beberapa bagian yannya yang mungkin diisi oleh kedua belah pihak yang mengajukan perceraian.

  6. Saksi-saksi

    Di cantumkan saksi-saksi dalah proses pernyataan pengajuan gugatan perceraian.

Berikut adalah Format Umum Surat pernyataan perceraian :

Format Pertama:


Format Kedua :

Semoga Bermanfaat bagi Bapak atau Ibu yang hendak melakukan Percaraian, Dan Kami Memohon agar tidak Menyalahgunakan Nama Layanan Kami jika Mengunduh dokumen dari kami karena menyalahgunakan merupakan tindak Pidana , Bila Bapak atau Ibu Berkenan Bisa Menggunakan Jasa kami untuk Draft Perceraian atau mengajukan Proses Perceraian Kepada Kantor Kami. Segera Hubungi kami di bawah ini.