Jasa Konsultan Hukum Pajak

Pengertian Konsultan Hukum Pajak dan Tugas yang Dijalankan

Pajak menjadi salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Dalam mengurus masalah pajak ini, seringkali dibutuhkan peran dari pihak yang profesional. Salah satunya adalah konsultan hukum pajak yang paham betul tentang aturan-aturan pajak. Mari kenali lebih jauh lagi apa sebenarnya peran dari konsultan pajak ini.

Pengertian Konsultan Hukum Perpajakan

Mari berkenalan dulu dengan profesi konsultan yang satu ini. Konsultan itu sendiri memang sangat beragam jenisnya. Setiap profesi konsultan memiliki lingkup fokus yang berbeda-beda. Salah satunya adalah konsultan hukum dalam bidang perpajakan. Sebenarnya dari nama profesi ini kita bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai detail dari pekerjaan tersebut. 

Konsultan itu sendiri merupakan sebuah profesi yang menyediakan jasa konsultasi dalam bidang keahlian tertentu. Sebut saja konsultan pajak berarti konsultasi yang diberikan berhubungan dengan bidang pajak. Dalam pembahasan kali ini konsultan memiliki keahlian dalam bidang hukum pajak yang artinya dia akan memberikan layanan konsultasi terkait bidang tersebut. 

Hukum pajak itu sendiri tidak mudah untuk dipahami oleh masyarakat awam. Banyak detail aturan di dalamnya yang mungkin terasa membingungkan. Padahal pajak merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Mau tidak mau harus mencari tahu dan memahami aturan pajak tersebut secara detail agar tidak terjadi kesalahan.

Tentu menjadi hal yang tidak mudah jika masyarakat awam harus memahami masalah aturan atau hukum pajak tersebut. Itulah mengapa dibutuhkan pihak yang bisa membantu yaitu jasa konsultan. Jasa ini akan membimbing kliennya untuk memahami aturan pajak dan memberikan saran terbaik terkait masalah pajak tersebut. 

Penjelasan mengenai profesi konsultan pajak ini sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014 mengenai Konsultan Pajak. Di sana disebutkan bahwa konsultan ini memiliki tugas penting dalam memberikan arahan terkait pajak kepada kliennya. Tujuannya agar klien bisa menjalankan hak dan kewajiban pajak tanpa melanggar aturan undang-undang yang berlaku. 

Tugas Penting Konsultan Hukum Pajak

Tentu saja profesi ini menjalankan peran penting bagi kliennya. Apalagi masalah pajak itu sendiri memang sangat penting dan punya aturan baku yang jelas. Berikut adalah beberapa tugas penting yang perlu dijalankan oleh seorang konsultan hukum pajak:

  1. Mengumpulkan Informasi dari Klien

    Seorang konsultan pajak akan menjalankan tugasnya dalam menghimpun informasi dari klien, khususnya informasi keuangan. Informasi keuangan dari klien ini sangatlah penting karena menjadi acuan dalam perhitungan pajak nantinya. Konsultan bisa membantu klien untuk menyelesaikan urusan pajak jika sudah mendapatkan data keuangan dari klien tersebut. 
    Dalam hal ini konsultan perlu melakukan wawancara terhadap klien. Informasi yang dikumpulkan cukup banyak mulai dari besar penghasilan yang terkena pajak, tunjangan yang diterima, biaya yang masuk ke pengurangan pajak, dan lain-lain. Di sini pihak klien harus kooperatif dan bersikap jujur sehingga konsultan bisa mendapatkan informasi yang akurat. 
    Proses pengumpulan informasi keuangan ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak singkat. Jadi memang dibutuhkan proses sampai seorang konsultan mendapatkan data keuangan lengkap untuk perhitungan pajak.

  2. Menentukan Jumlah Pajak

    Selanjutnya konsultan akan menentukan jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh klien. Bagaimana caranya konsultan bisa menemukan jumlah pajak yang akurat tadi? Tentu saja perhitungan jumlah pajak dilakukan berdasarkan informasi keuangan yang sudah diterima sebelumnya. Itulah mengapa saat mengumpulkan informasi dari klien harus benar-benar lengkap dan akurat. 
    Di zaman yang canggih seperti sekarang, penentuan jumlah pajak sebenarnya semakin mudah untuk dilakukan. Tidak harus melakukan perhitungan secara manual. Perhitungan jumlah pajak bisa dilakukan melalui software atau peralatan khusus yang tersedia. Jadi total pajak yang harus dibayarkan bisa benar-benar akurat sesuai kewajiban. 
    Perlu diketahui bahwa seringkali konsultan juga harus menentukan besarnya pengurangan pajak dan kelebihan pajak. Perhitungan ini harus dibuat secara detail sehingga benar-benar akurat. Biasanya untuk mendapatkan hasil perhitungan tersebut konsultan pajak akan mengikuti instruksi dari formulir pajak dan tabel pajak. Jadi keputusan yang dibuat terkait pajak tersebut benar-benar tepat. 

  3. Mempersiapkan Laporan SPT Pajak

    Konsultan juga akan membantu mempersiapkan laporan SPT pajak milik klien. Klien yang dimaksud di sini bukan hanya perseorangan atau individu tetapi juga bisa badan usaha atau perusahaan. Nantinya konsultan pajak akan memberikan petunjuk dan penjelasan lengkap terkait pembuatan laporan SPT klien. 
    Dalam hal ini konsultan juga akan memberikan saran-saran terkait pengurangan beban pajak. Tentunya klien tidak bisa melakukan perhitungan semacam ini sendiri tanpa pemahaman yang menyeluruh terkait aturan perpajakan. Itulah mengapa dibutuhkan jasa konsultan yang bisa membantu proses tersebut berjalan dengan lancar. 
    Umumnya konsultan pajak yang sudah profesional akan mendapatkan strategi khusus agar pengurangan pajak bisa dilakukan. Caranya bisa lewat pemanfaatan diskon pajak atau pengurangan pajak khusus. Hal-hal semacam ini mungkin tidak diketahui oleh masyarakat awam dan hanya dipahami oleh konsultan yang profesional. 

  4. Memberikan Pemahaman Terkait Regulasi Pajak

    Bisa dipastikan bahwa salah satu tugas dari konsultan pajak ini adalah memberi pemahaman yang lengkap terkait regulasi pajak. Sebagai masyarakat awam, kita semua tahu bahwa regulasi dan aturan pajak bukanlah hal yang sederhana untuk dipahami. Ada banyak aturan di dalamnya yang harus dipahami agar perhitungan pajak bisa berjalan lancar dan akurat. 
    Bisa dibutuhkan waktu lama bagi masyarakat awam untuk memahami aturan pajak. Bahkan dalam waktu yang lama tadi bisa saja peraturan pajak tetap tidak mudah untuk dipahami. Di sinilah tugas seorang konsultan pajak terasa begitu berarti. Konsultan akan memberikan penjelasan dan pemahaman terkait regulasi atau aturan pajak tersebut dengan sejelas-jelasnya. 
    Konsultan pajak harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan regulasi pajak dalam bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Jadi semua ketentuan dan regulasi pajak bisa dipahami dengan mudah oleh klien. Saat klien sudah paham mengenai regulasi pajak, meskipun mungkin tidak selengkap pemahaman konsultan, maka kerja sama akan lebih mudah untuk dilakukan. 

  5. Memberi Jalan Keluar Terkait Masalah Pajak

    Dalam langkah pengurusan pajak, bisa saja ada beberapa kendala atau masalah yang harus dihadapi. Kendala terkait pajak ini harus diselesaikan sehingga klien bisa memenuhi kewajiban pajak dengan sempurna. Tidak hanya masalah kewajiban, hak klien terkait pajak juga harus diperhatikan. Jika ada kendala di dalamnya maka harus ada solusi terbaik. 
    Konsultan pajak dalam hal ini akan menjalankan peran penting. Konsultan akan memiliki pemahaman yang lengkap terkait regulasi pajak. Diharapkan pemahaman tersebut bisa membantu konsultan pajak untuk mencari solusi terbaik. Klien bisa mengandalkan konsultan pajak mereka untuk mencari solusi terhadap masalah tersebut sehingga tidak merugikan siapapun.

Baca   Legal Standing

Sampai di sini, Anda tentu paham bahwa konsultan hukum pajak memiliki peran yang sangat penting. Konsultan ini bisa dibutuhkan oleh siapa saja yang memiliki kewajiban pajak. Bisa individu maupun perusahaan dan badan usaha. Konsultan pajak akan memberikan saran dan arahan terbaiknya kepada Anda untuk mendapatkan hak dan memenuhi kewajiban terkait pajak. 

Tips Memilih Konsultan Hukum Pajak

Adanya konsultan pajak akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan urusan pajak secara mudah. Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran pajak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih konsultan pajak yang terpercaya. 

  1. Lihat Track Record-nya

Pertama-tama lihat dulu track record dari konsultan pajak yang akan dipilih. Ini sangat penting untuk Anda lakukan agar bisa bertemu dengan konsultan yang profesional dan benar-benar bisa dipercaya. Banyak sekali pihak yang menawarkan jasa konsultasi masalah pajak namun tidak semuanya bisa diandalkan karena track record yang buruk. 

Masalah track record ini akan berhubungan erat dengan kredibilitas dari konsultan pajak tersebut. Jika track record pekerjaannya baik maka kredibilitasnya akan semakin tinggi dan Anda bisa memberikan kepercayaan kepada mereka. Anda juga bisa mencari tahu dulu siapa saja klien yang pernah menggunakan jasa konsultan tersebut untuk menilai sejauh mana pengalaman mereka. 

  1. Pilih dari Agensi yang Terpercaya

Sebaiknya pilihlah konsultan pajak yang berasal dari agensi terpercaya. Ini juga tidak kalah penting karena saat ini ada banyak agensi hukum yang bisa Anda temukan. Namun belum tentu semuanya bisa dipercaya karena kualitas yang dimiliki pasti berbeda-beda. Lihat dulu apakah agensi tersebut sudah beroperasi secara legal atau belum. 

Baca   Harta Gono Gini

Pilihlah konsultan pajak dari agensi hukum yang kredibilitasnya bagus. Perhatikan juga seperti apa sistem kerja mereka dan pastikan sesuai dengan ekspektasi Anda. Di zaman digital seperti sekarang Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait identitas agensi hukum secara online. Jangan ragu untuk mencari informasi secara lengkap supaya Anda tidak salah pilih jasa. 

  1. Dapatkan Rekomendasi

Tentunya akan jauh lebih mudah jika Anda bisa mendapatkan rekomendasi jasa konsultan pajak yang terpercaya. Coba tanyakan kepada rekan atau keluarga yang mungkin sudah menggunakan jasa konsultan pajak sebelumnya. Mintalah rekomendasi dari mereka agar bisa lebih mudah mendapatkan layanan konsultan yang terpercaya. 

Rekomendasi ini bisa membantu Anda melakukan penilaian. Mana konsultan yang memang punya kualitas bagus dan mana yang kurang bisa diandalkan. Rekomendasi tersebut juga bisa membantu Anda lebih yakin untuk menjatuhkan pilihan. Apalagi layanan yang akan digunakan ini berhubungan erat dengan masalah hukum jadi tidak boleh sembarangan pilih. 

  1. Perhitungkan Biaya Jasanya

Selanjutnya Anda bisa memperhitungkan biaya jasa konsultan yang akan dipakai. Masalah biaya ini memang jadi salah satu faktor penting yang harus diperhitungkan. Hal ini berlaku baik untuk klien individu maupun badan usaha atau perusahaan. Harus ada perhitungan biaya sebelum resmi bekerja sama dengan konsultan pajak yang sudah Anda pilih. 

Konsultasi mengenai biaya ini bisa Anda lakukan saat awal memilih agensi hukum yang menyediakan jasa konsultan pajak. Nantinya Anda bisa memilih layanan jasa yang penawaran biayanya sesuai dengan bujet. Anda juga bisa meminta rincian biaya layanan yang akan digunakan. Lihat pula apa saja fasilitas yang bisa Anda nikmati dengan membayar biaya tersebut. 

Konsultan hukum pajak memiliki peran penting bagi Anda yang memiliki kewajiban pembayaran pajak. Konsultan tersebut akan membantu Anda memenuhi kewajiban dan mendapat hak pajak lebih mudah. Urusan pajak bisa memakan waktu yang lama jika Anda tidak memiliki dukungan dari pihak yang profesional. Jangan lupa tetaplah berhati-hati saat memilih dan bekerja sama dengan konsultan tersebut.

Baca   Syarat IUP Operasi Produksi Pembangunan Smelter

Butuh Konsultan Hukum Perpajakan Perusahaan Berpengalaman

Portofolio Kami

Share Yuk!