Jasa Konsultan Hukum Perusahaan

Mengenal Jasa Konsultan Hukum Perusahaan dan Tugas yang Dijalankan

Perusahaan membutuhkan regulasi hukum dalam proses operasional yang mereka jalankan. Regulasi hukum ini dibutuhkan agar perusahaan tidak melanggar aturan atau ketentuan apapun saat beroperasi. Dalam langkah tersebut dibutuhkan konsultan hukum perusahaan yang memiliki kompetensi memadai di bidang hukum. Mari berkenalan lebih dekat dengan profesi yang satu ini.

Apa Itu Konsultan Hukum Perusahaan?

Tidak hanya pengacara dan jaksa, di bidang hukum ada yang disebut sebagai konsultan. Konsultan ini sama saja seperti konsultan di bidang-bidang yang lain dimana tugasnya adalah memberikan bantuan. Konsultan hukum adalah orang yang memberikan bantuan, saran, dan nasihat terkait urusan hukum. 

Secara umum, konsultan hukum ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan. Banyak masyarakat yang membutuhkan peran konsultan hukum sebagai individu. Pada dasarnya memang hukum menjadi kebutuhan bagi semua orang jadi tidak heran jika konsultan hukum juga dibutuhkan secara individu. Apalagi bagi orang-orang yang berpotensi mengalami atau menghadapi masalah hukum. 

Sementara itu konsultan hukum bagi perusahaan merupakan orang yang bertugas memberikan konsultasi hukum khusus untuk perusahaan. Mereka tidak bekerja untuk individu namun bagi perusahaan yang memang harus ada regulasi hukum. Konsultan akan memberikan nasihat, saran, dan informasi hukum yang lengkap kepada perusahaan. 

Konsultan hukum ini juga sering disebut sebagai penasihat hukum. Perannya sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena urusan hukum itu sendiri memang cukup kompleks. Perusahaan mungkin akan kesulitan mengambil langkah hukum jika tidak ada pihak yang kompeten dan bisa memberikan nasihat atau saran. 

Tugas yang Dijalankan

Tentu saja seorang konsultan hukum akan menjalankan tugas-tugas yang spesifik. Tugas yang dijalankan konsultan hukum di perusahaan saja berbeda dengan konsultan hukum untuk individu. Berikut adalah beberapa tugas yang dijalankan oleh seorang konsultan hukum yang bekerja di sebuah perusahaan.

  1. Memberi Nasihat Hukum

Tugas pertama yang dijalankan oleh seorang konsultan hukum adalah memberi nasihat terkait masalah hukum terkait. Sebenarnya perusahaan memiliki banyak sekali keperluan terkait hukum yang harus diselesaikan. Masalah hukum ini sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Banyak sekali urusan hukum yang memang perlu diselesaikan agar perusahaan bisa terus beroperasi dan bertahan.

Penyelesaian urusan hukum ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang tepat. Orang yang bekerja dalam bidang ini harus paham betul mengenai masalah hukum. Kompetensinya harus memadai agar bisa memberikan saran atau nasihat hukum yang tepat bagi perusahaan. 

  1. Mengurus Somasi

Tidak semua urusan perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Bukan tidak mungkin jika sewaktu-waktu muncul perkara yang menyebabkan adanya somasi. Somasi atau teguran ini bisa diterima oleh perusahaan karena berbagai alasan. Tentu saja somasi tersebut harus diurus dan ditanggapi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. 

Baca   Tax Lawyer

Penting untuk diketahui bahwa somasi ini bukan merupakan tuntutan hukum melainkan sebatas teguran. Teguran di sini artinya seruan kepada perusahaan dari pihak lain yang mungkin merasa dirugikan. Tidak selamanya posisi perusahaan tersebut salah. Oleh sebab itu somasi harus dihadapi dengan cara yang tepat, sesuai hukum yang berlaku dan hal ini bisa dilakukan pihak yang berpengalaman. 

  1. Mendampingi Mediasi

Jika perusahaan terlibat dalam sebuah konflik dengan pihak lain, maka perlu langkah penyelesaian yang tepat. Tidak selamanya konflik harus diselesaikan lewat jalur hukum. Ada kondisi dimana konflik tersebut bisa diselesaikan melalui langkah mediasi. Tentu saja ini jauh lebih baik daripada harus menyelesaikan masalah lewat jalur hukum karena bisa menguras banyak energi dan uang. 

Mediasi juga harus didampingi oleh pihak yang benar-benar paham soal urusan hukum. Dalam kondisi seperti ini perusahaan akan membutuhkan konsultan hukum yang berpengalaman. Konsultan hukum perusahaan bisa membantu mencapai negosiasi terbaik yang tidak merugikan. Selain itu konsultan juga dapat menyelesaikan urusan dokumen terkait proses mediasi tersebut secara efektif dan tidak membuang banyak waktu. 

  1. Mengurus Pembuatan Kontrak

Perusahaan pasti akan mengeluarkan kontrak kerja tertentu. Pembuatan kontrak ini bisa dilakukan oleh konsultan hukum agar legalitasnya benar-benar terjamin. Kontrak bisnis perusahaan memang seharusnya terikat secara hukum. Ada aturan kontrak yang dibuat secara legal sehingga aman bagi perusahaan maupun pihak yang terlibat dalam kontrak tersebut. 

Konsultan bisa membantu memberikan masukan atau ulasan terhadap kontrak-kontrak yang sudah dibuat oleh perusahaan. Jadi konsultan bisa membantu perusahaan untuk menghasilkan kontrak perjanjian terbaik. Aturan di dalam kontrak juga bisa dibuat sesuai hukum yang berlaku, tidak asal-asalan. 

  1. Melakukan Pemeriksaan Hukum

Konsultan hukum di sebuah perusahaan juga akan membantu melakukan proses pemeriksaan. Jika ada pemeriksaan hukum atau legal due diligence di sebuah perusahaan, maka konsultan bisa berperan di dalamnya. Penting untuk diketahui bahwa pemeriksaan ini memang harus dijalani oleh sebuah perusahaan demi memastikan aktivitas bisnis dan operasional berjalan aman. 

Keuntungan Memakai Jasa Konsultan Hukum Perusahaan

Tentu ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh sebuah perusahaan jika memakai jasa konsultan hukum khusus. Konsultan ini tidak hanya berperan dalam membantu perusahaan untuk keluar dari konflik hukum. Lebih dari itu, konsultan hukum berperan dalam menjaga kelancaran operasional dan aktivitas bisnis sebuah perusahaan. 

Konsultan hukum bisa memberikan pendapat dan saran mereka mengenai aturan operasional perusahaan. Jadi kedepannya perusahaan tersebut tidak akan melanggar aturan hukum apapun. Dalam setiap aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan, konsultan hukum akan memberikan saran dan nasihat terbaik sehingga tidak akan terjadi masalah apapun. 

Tidak ada yang bisa memprediksi situasi di masa depan. Perusahaan bisa saja mengalami berbagai jenis masalah hukum. Adanya jasa konsultan hukum perusahaan dapat membantu masalah tersebut terselesaikan dengan baik. Lebih dari itu,  konsultan hukum bahkan bisa membantu mencegah terjadinya masalah hukum apapun yang bisa mempersulit operasional perusahaan. 

Baca   Law Firm

Adanya konsultan hukum juga akan memberikan kredibilitas tinggi bagi perusahaan. Ini menunjukkan bahwa perusahaan serius dalam menjalankan bisnisnya. Bahkan banyak perusahaan yang mencantumkan lembaga konsultan hukum mereka di kop surat. Ini ternyata menjadi salah satu strategi marketing yang bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut. 

Perusahaan juga bisa mendapatkan adanya jaminan keamanan dan merasakan efisiensi waktu dalam menjalankan bisnis. Jadi memang banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan oleh perusahaan jika punya konsultan hukum sendiri. Total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar konsultan tersebut akan sepadan dengan beragam manfaat dan keuntungan yang diperoleh.

Sebenarnya konsultan ini bisa juga dipegang oleh pengacara perusahaan. Jadi pengacara yang bekerja di perusahaan bisa memberikan nasihat atau saran hukum demi kepentingan perusahaan itu sendiri. Kompetensinya di bidang hukum sama-sama mencukupi sehingga pengacara yang disewa perusahaan bisa memberikan nasihat atau advice sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Konsultan Hukum untuk Perusahaan

Tentu saja perusahaan memiliki pertimbangan tersendiri dalam memilih konsultan hukum yang tepat. Saat ini memang ada banyak jasa yang menawarkan konsultan hukum untuk disewa oleh perusahaan. Namun penting untuk diketahui bahwa tidak semua jasa hukum tersebut bisa diandalkan dan punya kualitas yang sama. Berikut adalah beberapa tips memilih konsultan hukum perusahaan terbaik:

  1. Lihat Track Record-nya

    Pertama-tama, lihat dulu track record konsultan hukum yang akan dipekerjakan. Ini sangat penting untuk memastikan perusahaan Anda mendapatkan konsultan terbaik yang kualitasnya memang bisa diandalkan. Track record ini bisa Anda lihat dari jasa atau lembaga yang menyediakan layanan konsultan tersebut. Cari tahu siapa saja klien atau perusahaan yang pernah mereka layani. 
    Melihat riwayat atau track record seorang konsultan hukum bisa membantu Anda memberi penilaian yang akurat. Anda bisa menilai apakah konsultan tersebut cukup kompeten atau tidak. Ini juga bisa membantu Anda untuk mengetahui sejauh apa pengalaman konsultan tersebut dalam mengurusi masalah hukum sebuah perusahaan. 
    Faktor pengalaman akan memberi pengaruh besar bagi performa kerja konsultan tersebut. Jika pengalamannya cukup memadai maka performa kerjanya juga pasti akan semakin bagus. Artinya konsultan hukum ini sudah memiliki pengalaman untuk menghadapi berbagai jenis kondisi atau kasus-kasus tertentu. 

  2. Perhatikan Spesialisasi yang Dimiliki

    Pastikan untuk memperhatikan spesialisasi yang dimiliki oleh konsultan tersebut. Setiap orang yang bekerja di bidang hukum pasti memiliki spesialisasi masing-masing. Jadi Anda bisa lihat dulu spesialisasinya, apakah memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda atau tidak. Jika tidak maka carilah konsultan yang spesialisasinya sesuai.
    Ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan konsultan yang benar-benar kompeten dan bisa memenuhi kebutuhan. Tentu sangat disayangkan jika Anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk merekrut konsultan namun ternyata performa mereka tidak optimal. Hal ini bisa terjadi karena spesialisasi yang dimiliki oleh konsultan tersebut ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

  3. Pertimbangkan Biaya

    Selanjutnya silahkan pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar konsultan tadi. Ini juga tidak kalah penting karena pada dasarnya perusahaan harus punya anggaran khusus agar bisa merekrut konsultan hukum. Tentu dibutuhkan biaya yang tidak murah, apalagi jika Anda menginginkan konsultan yang sudah berpengalaman dan memiliki track record bagus. 
    Semakin bagus kualitas atau pengalaman konsultan tersebut maka bisa jadi semakin mahal juga biaya yang dibutuhkan. Jadi sangat disarankan untuk memperhitungkan masalah biaya ini terlebih dahulu. Setiap layanan jasa konsultan hukum pasti akan memiliki aturan tarif yang berbeda-beda. Jadi bisa dikonsultasikan dulu kepada jasa konsultan yang akan dipilih.

  4. Lihat Kualitas Pelayanannya

    Pastikan perusahaan Anda bekerja sama dengan jasa konsultan hukum yang pelayanannya bagus. Ini merupakan salah satu indikator untuk menilai apakah konsultan hukum yang direkrut akan bekerja dengan baik atau tidak. Jika pelayanan dari jasa konsultannya saja tidak bagus maka tidak ada banyak harapan untuk konsultan yang dipekerjakan. 
    Pastikan dulu bahwa pelayanan mereka memuaskan, responsif, dan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. itulah mengapa sangat penting untuk berkonsultasi langsung dengan jasa konsultan hukum yang akan dipilih. Dari sini Anda bisa memberi penilaian apakah jasa konsultan tersebut memang cukup kompeten dan layak dipilih atau tidak.

Baca   Kurator Advokat

Konsultan hukum perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan jika merekrut konsultan hukum kompeten. Tidak hanya membantu menyelesaikan berbagai jenis masalah hukum, konsultan ini juga akan membantu perusahaan terhindar dari berbagai jenis pelanggaran hukum. Sangat efektif diandalkan jika perusahaan ingin bisa beroperasi dalam jangka waktu lama.

Butuh Konsultan Hukum Perusahaan Berpengalaman

Portofolio Kami

Related Posts
Pejanjian Artis dan Agency

Mengenal Aturan Perlindungan Hukum Agency dan Artis Hubungan agensi dan artis dijalin untuk memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Namun, jika Read more

Wanprestasi dalam Sebuah Perjanjian

Wajib Tahu! Inilah Pengertian, Akibat, dan Upaya Perlindungan Wanprestasi dalam Perjanjian Wanprestasi merupakan sebuah pelaksanaan kewajiban yang tidak dilakukan atau Read more

Kewajiban perjanjian artis dan PH

Ini Kewajiban PH yang Termuat di Perjanjian PH dengan Artis Hubungan antara PH dan artis diatur dalam sebuah perjanjian yang Read more

Tindak pidana khusus

Awalnya tindak pidana khusus dikenal sebagai Hukum Pidana Khusus. Kemudian istilah tersebut berubah menjadi Hukum Tindak Pidana Khusus. Apa saja Read more