Surat Perjanjian Investasi

Cara Tepat Membuat Surat Perjanjian Investasi Beserta Contohnya

Cara membuat surat perjanjian investasi ternyata sangat mudah. Sebelumnya, kita pahami terlebih dahulu pengertian investasi.Investasi adalah proses menanamkan dana atau aset dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

Membuat surat perjanjian investasi adalah langkah penting untuk mengatur kesepakatan dan hak-hak antara pihak-pihak yang terlibat dalam investasi.  Perjanjian sendiri diatur dalam Pasal 1320 KUH Perdata

Berikut Cara Membuat Surat Perjanjian Investasi

  1. Dibuat Oleh Ahlinya

    Pembuatan draft perjanjian investasi haruslah di buat oleh seorang ahli di bidangnya setidaknya dilakukan oleh seorang Ahli hukum yang berprofesi sebagai notaris ataupun seorang pengacara.
    Perjanjian dibuat oleh ahlinya

  2. Tentukan Pihak yang Terlibat

    Identifikasi dan tentukan pihak-pihak yang terlibat dalam investasi. Biasanya, pihak yang terlibat adalah investor (orang atau perusahaan yang menyediakan dana), penerima investasi (perusahaan atau proyek yang menerima dana), dan mungkin pihak ketiga seperti penjamin atau saksi.
    Adanya para pihak dan saksi dalam perjanjian

  3. Tentukan Rincian Investasi

    Jelaskan dengan jelas jumlah dana yang akan diinvestasikan, bentuk investasi (misalnya saham, utang, atau investasi modal), dan ketentuan lain yang terkait dengan investasi seperti jangka waktu, tingkat pengembalian yang diharapkan, dan sebagainya.

    Rincian investasi

  4. Tentukan Kewajiban dan Hak Pihak

    Paparkan dengan jelas kewajiban dan hak masing-masing pihak yang terlibat dalam perjanjian. Ini termasuk hak dan kewajiban investor, hak dan kewajiban penerima investasi, serta hak dan kewajiban pihak ketiga yang terlibat jika ada.
    kesepakatan para pihak

  5. Tentukan Bagi Hasil dan Pengendalian Perusahaan

    Jelaskan sejauh mana investor akan memiliki pengendalian atas perusahaan atau proyek yang menerima investasi. Hal ini terkait dengan jumlah saham atau porsi kepemilikan yang dimiliki oleh investor dan hak suara yang dimilikinya.
    tentukan rincian bagi hasil investasi

  6. Tentukan Mekanisme Pengambilan Keputusan

    Atur mekanisme pengambilan keputusan untuk masalah penting terkait investasi. Misalnya, bagaimana keputusan mengenai perubahan strategi, pengeluaran besar, atau perubahan penting lainnya akan diambil.

    Mekanisme Pengambilan Keputusan

  7. Atur Kondisi Pembatalan Perjanjian Investasi

    Jelaskan kondisi di mana salah satu pihak dapat mencabut atau menghentikan investasi. Ini bisa termasuk kondisi-kondisi tertentu seperti kinerja yang buruk, pelanggaran perjanjian, atau adanya kejadian tak terduga.
    klausul pembatalan investasi

  8. Atur Jangka Waktu Perjanjian

    Tentukan jangka waktu suatu perjanjian investasi berlangsung seperti investasi yang berlangsung dalam hitungan tahun atau bulan dan lainya.
    Atur Jangka Waktu Perjanjian

  9. Tuliskan Klausul Penyelesaian Sengketa

    Dalam sebuah surat perjanjian investasi wajib di tentukan tempat penyelesaian sebuah sengketa baik secara musyawarah, arbitrase atau lainya
    Tuliskan Klausul Penyelesaian Sengketa

  10. Penutup

    Berisi tanda tangan dan kesepakatan dari para pihak yang melakukan investasi dalam suatu perjanjian investasi

    Penutup perjanjian

Baca   Jasa Konsultan Konstruksi Bangunan

Manfaat Surat Perjanjian Investasi

  1. Jaminan hukum: Surat perjanjian investasi memberikan jaminan hukum bagi kedua belah pihak. Dengan adanya perjanjian tertulis, hak dan kewajiban setiap pihak menjadi jelas dan dapat diakui di mata hukum.
  1. Perlindungan kepentingan: Surat perjanjian investasi dapat membantu melindungi kepentingan kedua belah pihak. Sehingga mencegah potensi kesalahpahaman atau konflik di masa mendatang.
  1. Transparansi: Perjanjian investasi menyediakan informasi yang jelas tentang tujuan, jumlah investasi, jangka waktu, dan pembagian keuntungan atau kerugian. Hal ini membantu menciptakan lingkungan transparansi dan saling menguntungkan bagi para pihak yang terlibat.
  1. Menjaga hubungan bisnis: Hal ini karena perjanjian tersebut membantu mengurangi risiko ketidaksepahaman dan meningkatkan kepercayaan di antara para pihak.

Perlu diingat bahwa surat perjanjian investasi harus disusun dengan hati-hati dan direview oleh seorang ahli hukum sebelum ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Contoh Perjanian Investasi Penanaman Modal

Contoh Surat Perjanjian Investasi Penanaman Modal by doney14 on Scribd

Contoh Perjanjian Investasi Lahan

Contoh Perjanjian Investasi Lahan by doney14 on Scribd

Contoh Surat Perjanjian Investasi Franchise

Contoh Surat Investasi Investasi Franchise by doney14 on Scribd

Contoh Surat Perjanjian Investasi Rumah Makan

Contoh Perjanjian Investasi Rumah Makan by doney14 on Scribd

Tanya Jawab Seputar Perjanjian Investasi

Apakah Contoh Perjanjian diatas Boleh digunakan

Pengunjung situs tentunya boleh menggunakan perjanjian yang kami sudah sediakan namun di ingat perjanjian tersebut tidak secara rinci dan harus di sempurnakan oleh ahli hukum yang berkompeten di bidangnya

Apakah ada Jaminan dalam Suatu Perjanjian

Jaminan tentunya ada dalam suatu perjanjian namun semua tergantung dari investor atau kedua belah pihak yang sepakat dalam suatu perjanjian

Apakah Perjanjian Harus dibuat oleh Ahli Hukum

Perjanjian tentunya harus di buat oleh ahli di bidang hukum kamu bisa menemukan ahli hukum yang berkompeten di bidangnya seperti pengacara, notaris, paralegal atau yang mengerti pembuatan perjanjian

Sejauh Mana Penggunaan Perjanjian yang di sajikan

Pengguna tentunya boleh menggunakan namun ada batasan diantaranya dilarang menyadur atau membawa nama kami berupa logo, nama atau staf kami, menyebarluaskan tanpa izin di Internet, dijual kembali atau di komersilkan. Tindakan tersebut akan kami berikan sanksi yang keras.

Apakah Perjanjian diatas Siap Pakai

Tentunya perjanjian yang kami sajikan tidak siap pakai dan harus di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna, Kami tidak dapat di tuntut atas perjanjian tidak baku yang kami sajikan.

Butuh Jasa Pembuatan Perjanjian

Portofolio

Share Yuk !