Februari 27, 2022

Konsultan Asuransi

Pengertian dan Manfaat Konsultan Asuransi

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan dan produk asuransi bermunculan, jasa konsultan di bidang ini semakin dibutuhkan. Konsultan asuransi memegang peran penting dalam pengambilan keputusan masyarakat terhadap produk asuransi yang akan dimiliki. Mari berkenalan lebih jauh dengan jasa konsultan ini dan apa manfaat yang diberikan kepada masyarakat. 

Pengertian Jasa Konsultan Asuransi

Jasa konsultan akan menjalankan tugasnya dalam memberikan konsultasi di bidang tertentu. Konsultan asuransi atau insurance advisor merupakan seorang profesional yang akan memberikan layanan konsultasi kepada klien baik yang sudah memiliki asuransi atau calon pengguna asuransi. Konsultan ini akan bekerja atas nama klien baik perorangan maupun perusahaan. 

Asuransi memiliki lingkup yang cukup luas. Masyarakat awam mungkin akan sulit untuk memahami produk asuransi yang ingin dibeli hanya melalui brosur maupun penjelasan singkat. Insurance advisor akan membantu masyarakat untuk memahami lebih dekat tentang produk asuransi yang ingin dimiliki. 

Profesi ini harus memiliki integritas yang tinggi terhadap tugas atau tanggung jawab yang dijalankan. Ia harus punya integritas terhadap klien yang sudah memberikan kepercayaan sekaligus terhadap perusahaan tempat dirinya bekerja. Selain itu insurance advisor juga harus punya integritas terhadap rekan sejawat di industri ini dengan saling menjaga kode etik profesinya. 

Insurance advisor ini bisa bekerja sebagai bagian dari perusahaan asuransi atau bisa juga berasal dari pihak eksternal. Perannya adalah memberikan nasihat dan konsultasi mengenai kebijakan asuransi. Selain itu insurance advisor juga akan mengelola hubungan antara klien dan perusahaan asuransi. Bagi perusahaan, konsultan ini juga menjadi salah satu kunci dalam perekrutan klien. 

Tugas terhadap Klien

Dari penjelasan tadi bisa dipahami bahwa insurance advisor ini akan memiliki jalinan hubungan dengan dua pihak yaitu klien dan perusahaan asuransi. Oleh sebab itu tugasnya pun dibagi menjadi dua yaitu tugas terhadap klien dan tugas terhadap perusahaan. Berikut adalah tugas seorang konsultan asuransi terhadap klien:

  1. Mempelajari Profil Klien

    Tugas pertama yang harus dijalankan adalah mempelajari profil klien. Saat ini ada banyak tipe produk asuransi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Tentunya setiap orang memiliki kebutuhan produk asuransi yang berbeda sesuai profilnya. Agar bisa memberikan saran dan nasihat yang tepat mengenai produk asuransi maka insurance advisor harus mengenal profil kliennya dengan sebaik mungkin. 

  2. Melakukan Analisis Keuangan

    Konsultan di bidang asuransi juga perlu melakukan analisis keuangan dari kliennya. Pembelian produk asuransi ini berhubungan erat dengan kondisi keuangan klien. Tentunya pilihan asuransi yang sebaiknya dibeli harus disesuaikan dengan keuangan klien saat ini. Dengan begitu klien tidak akan merasa keberatan dengan premi asuransi yang dibebankan. 
    Analisis keuangan ini juga mencakup penelusuran tujuan keuangan klien. Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda-beda. Produk asuransi yang dibeli sebaiknya disesuaikan dengan tujuan keuangan klien. Dengan begitu asuransi ini bisa membantu klien untuk mencapai tujuan finansialnya secara optimal. 

  3. Menganalisis Risiko Klien

    Insurance advisor juga perlu melakukan analisis risiko yang dimiliki oleh klien. Analisis risiko ini sangat penting untuk dilakukan sehingga bisa diketahui produk asuransi seperti apa yang paling cocok dan menguntungkan. Tentunya analisis risiko ini memang penuh dengan prediksi namun bisa dibuat seakurat mungkin berdasarkan profil yang dimiliki oleh klien. 

  4. Memberi Saran kepada Klien

    Sesuai dengan namanya, konsultan tentu saja akan memberikan saran dan nasihat kepada klien. Nantinya insurance advisor akan memberikan saran kepada klien mengenai produk asuransi apa yang layak untuk dibeli. Saran ini diberikan berdasarkan analisis yang sudah dilakukan oleh konsultan tadi. Saran yang disampaikan kepada klien harus sudah melalui pemikiran yang matang. 

  5. Menjawab Pertanyaan Klien

    Salah satu alasan klien menggunakan jasa konsultan ini adalah untuk menjawab semua pertanyaan yang ingin diajukan terkait layanan asuransi. Insurance advisor harus bisa menjawab semua pertanyaan klien secara spesifik. Tentunya semua jawaban ini akan mengarahkan klien untuk membeli produk asuransi yang tepat.
    Bagi masyarakat, keberadaan insurance advisor ini sangatlah penting. Tugasnya dalam menjawab semua pertanyaan klien mengenai produk asuransi sangatlah bermanfaat. Calon pengguna asuransi dapat memahami dengan baik apa itu asuransi dan produk apa yang cocok untuk digunakan. Dengan begitu tidak akan terjadi kesalahan pembelian produk karena sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
    Untuk menjalankan tugas ini dengan baik maka insurance advisor harus memahami dunia asuransi secara menyeluruh. Ia harus bisa menguasai semua hal terkait penggunaan layanan asuransi. Dengan begitu berbagai jenis pertanyaan dari klien dapat dijawab secara optimal dan lengkap. 

  6. Membantu Klien Membeli Asuransi

    Insurance advisor akan membantu klien dalam melakukan pembelian asuransi. Jika klien sudah merasa yakin dengan produk asuransi yang akan dibeli maka proses pembelian dapat dibantu oleh konsultan tersebut. Proses pembelian asuransi memang seringkali terasa membingungkan terutama bagi masyarakat awam yang belum pernah punya pengalaman. 
    Jasa konsultan ini akan mempermudah proses pembelian sehingga klien dapat segera terdaftar sebagai pengguna asuransi. Ini sangat menguntungkan bagi klien karena bisa lebih mudah menyelesaikan proses pembelian. Selain itu klien juga tak perlu ribet dan bisa lebih hemat waktu. 

  7. Membantu Klien Mengajukan Klaim

    Jasa insurance advisor ini tidak hanya membantu klien yang akan membeli produk asuransi. Mereka juga akan membantu klien yang sudah memakai produk asuransi tertentu. Jika ada masalah terkait penggunaan produk asuransi tersebut maka jasa konsultan ini bisa membantu klien untuk mengatasinya. Termasuk membantu klien dalam mengajukan klaim asuransi. 
    Urusan asuransi ini memang seringkali sulit untuk dipahami oleh pengguna asuransi itu sendiri. Jadi akan jauh lebih efektif jika ada jasa profesional yang membantu klien. Insurance advisor ini akan memastikan bahwa klien mengikuti prosedur pengajuan klaim sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi pengajuan klaim juga bisa lebih hemat waktu dan tenaga. 

Tugas terhadap Perusahaan

Lalu seperti apa tugas konsultan asuransi terhadap perusahaan tempat ia bekerja? Jika insurance advisor tidak bekerja secara mandiri maka ia akan bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan dari perusahaan. Berikut adalah tugas-tugas yang harus dijalankan oleh jasa konsultan ini:

  1. Menjual Produk Asuransi

Tugas pertama yang harus dijalankan adalah menjual produk asuransi perusahaan kepada klien. Ia harus bisa mengajak sebanyak mungkin klien untuk membeli produk asuransi tersebut. Tentunya penawaran ini harus diberikan kepada calon klien yang potensial. Artinya, calon klien tersebut memiliki profil yang sesuai dengan spesifikasi produk asuransi yang ditawarkan. 

  1. Mempertahankan Klien

Tidak hanya bertugas mencari klien sebanyak mungkin, namun insurance advisor di sebuah perusahaan asuransi juga harus berusaha mempertahankan klien. Klien yang sudah tercatat sebagai pengguna asuransi di perusahaan tersebut sebisa mungkin dipertahankan agar tetap menjadi pemilik asuransi tadi. Tentu saja konsultan ini harus bisa menonjolkan keuntungan-keuntungan produk asuransi yang diterima oleh klien. 

  1. Mempromosikan Perusahaan Asuransi

Insurance advisor juga akan menjalankan tugas promosi perusahaan asuransi tempat ia bekerja. Dalam proses konsultasi dengan klien, nantinya konsultan akan mencoba mengarahkan klien tadi untuk membeli produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan. Sekali lagi, promosi ini harus dilakukan tepat sasaran yakni sesuai dengan profil dan kondisi finansial klien yang menjadi target. 

Manfaat Jasa Konsultan Asuransi

Dari penjelasan mengenai pengertian dan tugas-tugas seorang insurance advisor, Anda tentu bisa menyimpulkan apa saja manfaat dari adanya jasa ini. Banyak manfaat yang diberikan oleh profesi ini baik kepada klien maupun perusahaan asuransi. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

  1. Mengarahkan Klien pada Pilihan Terbaik

Insurance advisor akan memberikan arahan terbaik untuk kliennya. Nantinya konsultan bisa mengarahkan klien agar membeli produk asuransi sesuai kebutuhan serta kondisi finansial. Dengan begitu masyarakat tak akan salah membeli produk asuransi lagi. Semakin banyak pula orang yang bisa merasakan manfaat layanan asuransi secara optimal sesuai kebutuhan. 

  1. Membantu Klien Mendapat Keuntungan Optimal

Adanya jasa insurance advisor ini juga akan membantu klien untuk mendapatkan keuntungan optimal. Banyak pengguna asuransi di luar sana yang tidak bisa merasakan keuntungan asuransi secara optimal. Hal ini disebabkan mereka tidak tahu bahwa produk asuransi yang dipilih ternyata salah atau tidak tepat sasaran. 

Selain membantu calon pengguna asuransi, insurance advisor juga akan membimbing para pengguna asuransi yang sudah terdaftar. Selama menjadi pengguna asuransi, mereka akan dibantu agar bisa mendapatkan manfaat optimal dari layanan asuransi yang dipilih. Dengan begitu pengguna asuransi bisa merasa lebih puas dan dapat menerima keuntungan yang optimal

  1. Mempermudah Perusahaan Menjaring Klien

Manfaat lain yang diberikan oleh insurance advisor adalah mempermudah perusahaan dalam menjaring klien. Dengan adanya jasa konsultan ini maka perusahaan tak perlu menerapkan strategi lain untuk menjangkau lebih banyak klien. Semakin baik kinerja konsultan tersebut maka akan semakin mudah untuk mendapatkan klien asuransi. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pihak perusahaan. 

Perlu diketahui bahwa insurance advisor tidak hanya melakukan promosi tanpa dasar yang tepat. Konsultan ini akan menjaring klien sesuai dengan kondisi finansial, risiko, serta profil yang dimiliki. Jadi memang target kliennya sudah sesuai dengan spesifikasi layanan asuransi yang ditawarkan. 

  1. Membuka Wawasan Masyarakat tentang Asuransi

Konsultan di bidang ini secara langsung akan memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin memiliki asuransi. Mereka akan membuka wawasan yang lebih luas mengenai layanan asuransi. Tidak hanya sekadar menerima pertanggungan, masyarakat jadi tahu risiko serta konsekuensi yang dimiliki setelah menjadi pengguna layanan asuransi. 

Insurance advisor juga akan membantu masyarakat untuk melakukan analisis dan pertimbangan matang sebelum membeli produk asuransi tertentu. Jadi diharapkan semua pengguna asuransi sudah paham betul bahwa layanan atau produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan serta risiko masing-masing. Tak lagi hanya asal pilih asuransi berdasarkan penawaran keuntungan yang luar biasa. 

  1. Membantu Mencapai Tujuan Finansial

Secara tidak langsung insurance advisor ini akan membantu klien atau pengguna asuransi dalam mencapai tujuan finansial mereka. Sebelum membeli produk asuransi, akan dilakukan analisis berdasarkan tujuan finansial yang dimiliki. Oleh sebab itu klien akan lebih mudah mencapai tujuan mereka setelah membeli produk asuransi yang disarankan oleh insurance advisor

Dapat disimpulkan bahwa peran seorang konsultan asuransi sangatlah besar, baik bagi masyarakat maupun perusahaan. Sebelum membeli produk asuransi apapun, lakukan konsultasi kepada ahli atau profesional terlebih dahulu. Anda bisa mempercayakan kebutuhan konsultasi mengenai layanan asuransi kepada jasa insurance advisor dari Burs Advocates.

Butuh Jasa Konsultan Asuransi Berpengalaman yuk Hubungi Kami

× Tertarik Menggunakan Jasa Kami?