Jasa Security Outsourcing untuk Perumahan dan Pergudangan

Jasa Security Outsourcing untuk Perumahan dan Pergudangan 

Keberadaan satpam atau security di perumahan ataupun pergudangan memang sangat membantu untuk mengamankan area tersebut. Anda pun jadi tidak merasa was-was lagi jika harus pergi ke luar rumah dan meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Berdasarkan pengadaannya, jasa security atau satpam yang sifatnya outsourcing. Simak ulasan mengenai satpam outsourcing di bawah ini. 

Apa Itu Jasa Security Outsourcing

Sebelum membahas mengenai satpam atau security outsourcing, yuk pahami dulu makna dari istilah ‘outsourcing’. Secara umum, istilah ‘outsourcing’ merujuk pada tenaga kerja yang disediakan oleh pihak ketiga. Maknanya, pengadaan jasa tenaga kerja di suatu tempat dilakukan oleh sebuah perusahaan. 

Berdasarkan makna dari istilah ‘outsourcing’ tersebut, bisa disimpulkan bahwa satpam outsourcing adalah tenaga kerja satpam yang pengadaannya dilakukan oleh sebuah perusahaan outsourcing untuk kemudian dipekerjakan oleh perusahaan lain yang membutuhkan. Maknanya, satpam yang dipekerjakan tidak direkrut langsung oleh perusahaan tempatnya menjaga keamanan. 

Satpam-satpam outsourcing ini akan melalui pembinaan atau pelatihan terlebih dahulu di perusahaan yang menawarkan jasa satpam outsourcing. Jika nantinya ada perusahaan yang membutuhkan jasa satpam, tersebut, maka perusahaan outsourcing akan menyalurkan satpam-satpam yang telah melalui pelatihan, sehingga nantinya kinerjanya bisa diandalkan. 

Adapun badan usaha atau perusahaan yang melakukan pengadaan satpam outsourcing ini adalah Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang sudah memiliki Surat Izin Operasional (SIO) dari Polri. Maknanya, pihak kepolisian juga terlibat dalam pengawasan persyaratan perekrutan satpam dan pelatihannya, sehingga bisa menghasilkan satpam outsourcing yang berkualitas. 

Kelebihan Memilih Satpam Outsourcing untuk Perumahan dan Pergudangan 

Selain satpam outsourcing, ada juga yang namanya satpam in-house alias satpam yang direktur langsung oleh perusahaan tempatnya bekerja dan satpam hibrida yang sistem kerjanya merupakan gabungan dari satpam outsourcing dan satpam in-house. Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa satpam outsourcing, simak berikut ini beberapa kelebihannya. 

  1. Bisa Menghemat Anggaran

    Salah satu alasan utama mengapa satpam perumahan atau pergudangan banyak yang berasal dari perusahaan outsourcing adalah karena bisa menghemat anggaran. Dengan memilih satpam outsourcing, maka pengelola perumahan atau pergudangan tidak perlu membuka rekrutmen satpam secara khusus, yang tentunya biaya rekrutmen tersebut tidak sedikit jumlahnya. 
    Selain itu, pihak pengelola perumahan atau pergudangan juga tidak perlu menggelontorkan dana khusus untuk melatih satpamnya, disebabkan karena satpam yang berasal dari perusahaan outsourcing pada umumnya sudah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu terkait dengan cara menjaga keamanan. Alhasil, satpam yang dipekerjakan adalah satpam yang sudah siap untuk kerja.  
    Bisa Menghemat Anggaran

  2. Bisa Menghemat Waktu dan Tenaga 

    Mengingat satpam outsourcing sudah memiliki bekal yang cukup untuk bekerja, Anda sebagai pihak pengelola perumahan atau pergudangan tidak akan membutuhkan lama untuk bisa menggunakan jasa satpam atau security tersebut. Cukup dengan menghubungi perusahaan outsourcing yang menyediakan tenaga satpam, maka kebutuhan akan satpam akan bisa langsung terpenuhi. 
    Bayangkan saja jika Anda harus merekrut satpam secara khusus untuk kebutuhan pengamanan perumahan atau pergudangan. Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menemukan satpam yang kompeten, dimulai dari tahap perekrutan, pelatihan, hingga nantinya satpam tersebut baru bisa dipekerjakan. Sedangkan terkadang kebutuhannya bersifat urgent.
    Bisa Menghemat Waktu dan Tenaga 

  3. Sistem Operasional yang Fleksibel 

    Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh pemilihan satpam outsourcing adalah sistem operasionalnya yang lebih fleksibel. Misalnya saja, semisal satpam yang sebelumnya bertugas tidak bisa masuk kerja disebabkan karena suatu hal yang memang tidak bisa ditinggalkan, perusahaan outsourcing sebagai penyedianya akan langsung menghadirkan satpam pengganti. 
    Anda tidak akan dipusingkan dengan hal seperti mencari satpam baru yang belum tentu akan bisa ditemukan dalam waktu yang cepat, apalagi memastikan satpam tersebut sudah mumpuni kemampuannya dalam menjaga keamanan. Pengamanan perumahan atau pergudangan pun akan bisa berjalan dengan lancar seperti biasa, meskipun satpam yang biasa menjaga sedang berhalangan hadir. 
    Tidak hanya itu saja, Anda bisa juga memakai jasa satpam sesuai dengan kebutuhan, bahkan dalam jangka waktu pendek sekalipun. Misalnya saja, Anda butuh satpam tambahan di kala ada kegiatan di perumahan atau pergudangan yang membutuhkan ekstra pengamanan. Nah, Anda bisa hubungi perusahaan outsourcing untuk meminta jasa satpam yang banyaknya sesuai kebutuhan. 
    Sistem Operasional yang Fleksibel 

  4. Personel Satpam yang Sudah Berpengalaman 

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, satpam-satpam atau security yang berasal dari perusahaan outsourcing merupakan satpam yang sudah siap untuk kerja, bahkan di hari pertamanya. Maknanya, para satpam tersebut sudah melalui pelatihan terlebih dahulu yang disediakan oleh perusahaan yang mengadakan jasanya, agar nantinya bisa langsung dipekerjakan di tempat klien. 
    Tidak hanya latihan untuk sekadar mengamankan perumahan atau pergudangan saja, namun tidak jarang juga perusahaan outsourcing memberikan pelatihan khusus pada satpamnya agar bisa diandalkan di situasi-situasi tertentu. Tidak hanya berguna saat bekerja nanti, namun dengan cara ini juga masa perusahaan jasa security outsourcing juga akan lebih diminati tenaga kerjanya.  
    Personel Satpam yang Sudah Berpengalaman

  5. Tidak Dipusingkan dengan Pengelolaan Keuangan

    Jika Anda menggunakan jasa security dari perusahaan outsourcing untuk kebutuhan pengamanan perumahan atau pergudangan, Anda juga tidak akan dipusingkan dengan pengelolaan keuangan yang berkaitan dengan satpam tersebut. Pengelolaan keuangan yang dimaksud seperti pembayaran gaji, pembayaran pajak, pembayaran upah lembut, tunjangan, ataupun pesangon. 
    Hal ini disebabkan karena semua hal tersebut akan diatur sendiri oleh perusahaan outsourcing yang menyediakan tenaga jasa security atau satpam tersebut. Anda hanya perlu membayarkan biaya kontrak atau kerjasama dengan perusahaan outsourcing, yang kemudian nantinya biaya tersebut akan dikelola dan disalurkan oleh perusahaan outsourcing ke tenaga kerja satpamnya.
     Tidak Dipusingkan dengan Pengelolaan Keuangan

  6. Meminimalisir Risiko atas Penggunaan Jasa Security  

    Setiap pekerjaan tentu saja ada risiko yang dihadapinya, begitu pun dengan pekerjaan sebagai security atau satpam. Nah, risiko kerja satpam ini akan bisa diminimalisir sekiranya Anda sebagai pengelola perumahan atau pergudangan memilih untuk bekerja sama dengan perusahaan outsourcing dalam pengadaan tenaga kerja satpam. 
    Salah satu risiko yang dimaksud adalah seperti risiko kecelakaan kerja. Sekiranya satpam outsourcing mengalami kecelakaan kerja, biasanya hal itu akan jadi tanggung jawab dari perusahaan outsourcing, misalnya seperti biaya pengobatannya. Namun, ada juga perusahaan rekanan dan perusahaan outsourcing yang sepakat untuk membagi tanggung jawab atas risiko kerja tersebut. 
    Meminimalisir Risiko atas Penggunaan Jasa Security

  7. Membantu Meningkatkan Citra Tempat Kerja

    Dengan menggunakan jasa satpam atau security dengan kemampuan pengaman yang mumpuni di perumahan atau pergudangan, tentu saja akan banyak orang yang mengapresiasi kinerjanya tersebut. Tidak hanya perusahaan outsourcing sebagai penyedia jasanya, namun juga citra dari pengelola perumahan atau pergudangan yang mempekerjakan satpam outsourcing yang akan ikut meningkat. 
    Jika perumahan atau pergudangan sudah terbukti terjaga dengan aman, tentu saja akan banyak diminati oleh orang-orang. Misalnya saja nih, bagi orang yang sedang mencari rumah untuk ditinggali, tentu akan mencari perumahan salah satunya dengan kriteria yang aman. Dengan begini, perumahan Anda yang terjaga aman oleh satpam outsourcing akan bisa menjadi pilihan. 
    Membantu Meningkatkan Citra Tempat Kerja

Baca   Somasi Hutang

Tips Memilih Satpam Outsourcing 

Bukanlah hal yang mudah memang untuk menemukan jasa security atau satpam outsourcing yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, bukan berarti hal itu mustahil untuk Anda lakukan. Agar nantinya tidak salah dalam memilih satpam outsourcing untuk perumahan atau pergudangan yang Anda kelola, yuk simak tips jitu saat memilih satpam tersebut di bawah ini. 

  1. Cari Tahu Track Record Perusahaan Outsourcing 

Jika Anda ingin bisa menemukan dan mempekerjakan satpam outsourcing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, tentu saja Anda harus memastikan perusahaan outsourcing satpam tersebut memiliki track record atau rekam jejak yang bagus. Pilihlah satpam outsourcing dari perusahaan yang memang sudah tidak diragukan lagi profesionalitasnya sebagai pemasok jasa outsourcing

Pastikan perusahaan outsourcing tersebut sifatnya legal, serta memenuhi ketentuan sebagai pemasok tenaga kerja satpam outsourcing. Hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas dari tenaga kerja satpam yang nantinya Anda pekerjaan, sekaligus pemenuhan hak dari satpam tersebut yang menjadi tanggung jawab dari pihak perusahaan outsourcing.   

  1. Pastikan Kredibilitas Satpam Outsourcing 

Saat akan memilih satpam outsourcing, Anda tentunya wajib untuk memastikan kredibilitas dari satpam tersebut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar nantinya satpam tersebut memang bisa menjalankan kerjanya dengan baik dalam mengamankan area perumahan atau pergudangan yang menjadi tanggung jawab Anda. Jangan sampai salah pilih yang kemudian membuat pengamanan tidak optimal. 

Kredibilitas ini sendiri di antaranya bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat yang menjadi bukti bahwa satpam outsourcing tersebut sudah melalui pelatihan menjadi satpam terlebih dahulu. Jika misalnya disebutkan satpam tersebut memiliki kemampuan khusus, seperti ahli bela diri di bidang tertentu, Anda juga bisa minta bukti atas kemampuannya tersebut. 

Baca   Contoh Surat Keberatan Pajak

Hal penting lainnya yang juga tidak boleh dilupakan adalah memastikan bahwa satpam outsourcing tersebut sudah memiliki pengalaman sebelumnya dalam menjaga keamanan, khususnya di area serupa tempatnya bekerja nanti. Jika sudah terbukti berpengalaman, maka kemungkinan besar pengamanan di perumahan atau pergudangan akan bisa berlangsung lancar. 

  1. Banyak Satpam yang Diperlukan 

Sebelum Anda mempekerjakan satpam outsourcing untuk perumahan atau pergudangan, baiknya Anda cari tahu dulu berapa banyak satpam yang dibutuhkan untuk mengamankan area tersebut. Dengan begini, maka pengamanan area akan berlangsung dengan optimal, serta perusahaan outsourcing bisa langsung menyediakan satpam dengan jumlah yang Anda butuhkan. 

  1. Pahami Kontrak Kerja dengan Perusahaan Outsourcing 

Saat akan menjalin kerja sama dengan perusahaan outsourcing yang menyediakan tenaga kerja security atau satpam, Anda wajib memahami sepenuhnya isi kontrak kerja yang disodorkan. Dengan begini, Anda sebagai rekanan akan mengetahui dengan pasti apa saja hak dan tanggung jawab Anda sebagai pihak yang mempekerjakan satpam dari perusahaan outsourcing. 

Pertimbangkan kembali biaya untuk menggunakan jasa security outsourcing dari perusahaan tersebut, apakah memang sesuai dengan anggaran yang digelontorkan untuk kebutuhan tersebut. Selain itu, cermati pula bagaimana pola tanggung jawab risiko kerja atas satpam, apakah ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan outsourcing atau ditanggung bersama dengan Anda. 

Jasa security atau satpam outsourcing merupakan jasa satpam yang bisa Anda andalkan untuk menjaga keamanan perumahan atau pergudangan yang Anda kelola. Satpam yang disediakan oleh perusahaan outsourcing ini dikenal sudah dilatih terlebih dahulu sebelum bekerja oleh perusahaannya, sehingga Anda bisa langsung memintanya bekerja menjaga keamanan di tempat Anda.  

Butuh Jasa Outsourcing Security

Portofolio Kami