Konsultan Pajak: Definisi, Tugas, Bayaran, dan Cakupan

Konsultan Pajak: Definisi, Tugas, Bayaran, dan Cakupan 

Meskipun membayar pajak sudah menjadi suatu kewajiban bagi orang-orang yang tergolong sebagai wajib pajak, tetap saja ada sebagian yang masih belum begitu paham apa saja kewajibannya sebagai wajib pajak, khususnya menghitung pajak yang harus dibayarkannya. Nah, atas dasar kondisi inilah wajib pajak membutuhkan yang namanya konsultan pajak. 

Apa Itu Konsultan Pajak? 

Istilah ‘konsultan pajak’ bisa dibilang bukanlah istilah yang asing lagi di telinga masyarakat. Namun, sebagian orang mungkin belum memahami dengan benar, apa yang dimaksud sebagai konsultan pajak. Apakah konsultan pajak ini merupakan pihak yang bertugas menghitung pajak seseorang lalu membayarkannya? Yuk simak jawabannya berikut ini. 

Konsultan pajak merupakan seseorang yang memiliki peran dalam mengurus kepentingan perpajakan klien atau orang yang menggunakan jasanya. Nah, kliennya ini merupakan wajib pajak alias individu, kelompok, atau perusahaan, yang memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak sebagaimana diatur oleh negara. 

Konsultan pajak terutama sekali dibutuhkan oleh individu atau perusahaan yang arus masuk dan keluar dananya terbilang besar. Alih-alih dibuat pusing dalam hal pengelolaan pajaknya, pihak-pihak tersebut lebih memilih untuk mempekerjakan konsultan pajak. Pasalnya, kelalaian dalam memenuhi pajak bisa-bisa memicu tunggakan pajak yang tentunya hanya akan merugikan dirinya sendiri. 

Para konsultan pajak akan memberitahukan informasi terkait dengan hak dan kewajiban dalam hal perpajakan pada wajib pajak yang merupakan klien pengguna jasanya. Dalam menjalankan perannya ini, tentu saja para konsultan pajak akan berpegangan pada peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. 

Tidak hanya memberitahukan saja, namun konsultan pajak juga bisa turut serta dalam mengerjakan kewajiban kliennya sebagai wajib pajak, misalnya saja melakukan perhitungan pajak, melaporkan pajak, serta melakukan pembayaran pajak atas nama kliennya. Sekiranya beban pajaknya tidak sesuai, konsultan pajak pun juga akan turut tangan untuk memperbaikinya.   

Cakupan Tugas atau Layanan Konsultan Pajak 

  1. Memberikan Layanan Kepatuhan Pajak 

    Pelaksanaan tugas untuk memberikan layanan kepatuhan pajak bisa diperoleh dari konsultan pajak. Tugasnya satu ini bisa dibilang sebagai tugas yang umum dilakukan oleh para konsultan pajak. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya para wajib pajak yang merupakan klien konsultan pajak, yang masih belum memahami bagaimana prosedur dari perpajakan itu sendiri. 
    Dalam hal kepatuhan pajak ini, konsultan pajakbertugas untuk membantu pengurusan kewajiban terkait dengan perpajakan para kliennya. Adapun kewajiban dari wajib pajak itu seperti penyiapan perhitungan pajak, pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) masa atau tahunan, pengurusan pembayaran pajak, pengiriman SPT ke kantor pajak, hingga penandatanganan laporan pajak. 
    Tugas yang dijalankan oleh konsultan pajakini, akan bisa memandu dan memberikan informasi pada para kliennya yang merupakan wajib terkait dengan tanggung jawab perpajakannya. Alhasil, kewajiban pajak bisa dilakukan dengan lancar dan lebih mudah, serta kerugian karena lalainya pemenuhan pajak akan bisa dihindari. 
    tax consultant

  2. Memberikan Layanan Perencanaan Pajak

    Konsultan pajakjuga memiliki tugas untuk memberikan layanan perencanaan pajak. Layanan perencanaan pajak merujuk pada upaya yang dilakukan oleh wajib pajak untuk meminimalkan pajak yang terutang, melalui skema yang diatur oleh perundang-undangan perpajakan, yang mana skema tersebut sifatnya tak menimbulkan sengketa antara wajib pajak dan otoritas pajak. 
    Dalam hal perencanaan pajak ini, konsultan pajaknantinya akan menyusun perencanaan yang berkaitan dengan pajak, sehingga nilai pembayaran pajak para kliennya menjadi wajar. Nah, perencanaan pajak yang telah disusun inilah yang kemudian menjadi pedoman bagi para kliennya yang merupakan wajib pajak untuk melaksanakan perpajakan sesuai dengan aturan. 
    Selain memastikan nilai pembayaran pajaknya wajar, perencanaan pajak yang dilakukan oleh konsultan pajak juga akan membantu para kliennya untuk mencapai efisiensi pajak. Para wajib pajak juga akan bisa mengurangi risiko denda pembayaran pajak, sekaligus bisa menyusun kebijakan perpajakan yang sesuai dengan kepentingan dari usaha yang dijalankannya. 
    perencanaan pajak

  3. Memberikan Layanan Pemeriksaan Pajak 

    Tugas selanjutnya yang juga diemban oleh konsultan pajakadalah memberikan layanan pemeriksaan pajak. Apa itu layanan pemeriksaan pajak? Layanan satu ini berupa pendampingan pada para klien konsultan pajak, dalam menjalani dan menghadapi pemeriksaan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Pendampingan diberikan mulai dari sebelum, saat, hingga proses pemeriksaan selesai dilakukan.  
    Tidak hanya sekedar pendampingan saat pemeriksaan pajak saja, namun konsultan pajakjuga akan turun tangan dalam menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan nantinya dalam pemeriksaan pajak. Konsultan pajakjuga akan memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan, sehingga memberikan tanggapan dan diskusi hasil pemeriksaan dengan pemeriksa pajak.  
    Bayangkan saja jika wajib pajak yang sangat kurang ilmunya dalam hal perpajakan menjalani pemeriksaan pajak ini sendirian saja. Tentu akan ada hal-hal yang kurang atau tidak dimengerti oleh para wajib pajak tersebut. Dengan hadirnya konsultan pajak, para wajib pajak akan bisa memperoleh dukungan dan bimbingan nantinya saat menjalani pemeriksaan pajak oleh pemeriksa pajak. 
    pemeriksaan pajak

  4. Memberikan Layanan Konsultasi Pajak 

    Bukan konsultan pajaknamanya jika tidak memiliki tugas untuk melayani konsultasi pajak. Anda bisa menggunakan layanan ini jika ingin berkonsultasi mengenai masalah perpajakan. Anda bisa menanyakan hal-hal atau ketentuan perpajakan yang belum diketahui sama sekali atau belum begitu dipahami, untuk kemudian dijelaskan dengan detail oleh konsultan pajak. 
    Layanan yang diberikan oleh konsultan pajakini bisa diandalkan oleh Anda sebagai wajib pajak untuk berkonsultasi seputar masalah perpajakan yang sedang dihadapi. Nantinya, konsultan pajakakan memberikan solusi atau alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah perpajakan tersebut, yang tentunya sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. 
    konsultasi pajak

  5. Memberikan Layanan Restitusi Pajak 

    Konsultan pajakjuga memiliki tugas untuk memberikan layanan restitusi pajak. Restitusi pajak merujuk pada pengembalian penerimaan pajak dari negara pada wajib pajak. Pengembalian pajak ini dikarenakan terjadinya kelebihan jumlah kredit pajak atau jumlah pajak yang dibayarkan jika dibandingkan dengan jumlah pajak yang terutang. 
    Restitusi pajak ini bisa dilakukan jika wajib pajak memang tak punya hutang pajak lainnya. Konsultan pajak nantinya akan mendampingi kliennya selaku wajib pajak dalam menganalisis apakah perlu dilakukan pengajuan restitusi pajak, pengajuan permohonan restitusi, hingga nantinya dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang dibutuhkan untuk kepentingan restitusi pajak ini.  
    restitusi pajak

  6. Memberikan Layanan Penyelesaian Sengketa Pajak 

    Selanjutnya, konsultan pajakjuga bertugas untuk memberikan layanan penyelesaian sengketa pajak. Sengketa pajak merupakan sengketa di bidang perpajakan yang terjadi antara wajib pajak dengan pejabat yang berwenang. Sengketa ini karena dikeluarkannya keputusan yang dapat diajukan banding atau gugatan kepada pengadilan pajak, berdasarkan peraturan perpajakan. 
    Terdapat 4 upaya hukum yang bisa diambil oleh seorang wajib pajak dalam sengketa pajak, yakni Keberatan, Banding, Gugatan, dan Peninjauan Kembali. Masing-masing upaya hukum ini memiliki persyaratan yang harus dipenuhi untuk kemudian bisa diajukan. Jika wajib hukum berhasil memenuhi persyaratannya tersebut, barulah upaya hukum tersebut bisa ditempuh. 
    sengketa pajak

  7. Memberikan Layanan Pengajuan Keberatan Pajak 

    Keberatan pajak merupakan situasi di mana wajib pajak merasa ada ketidakadilan atas pajak yang dibebankan pada dirinya. Wajib pajak merasa beban pajak yang ditanggungnya tidak sesuai. Pada situasi seperti ini, wajib pajak berhak untuk menyampaikan permohonan untuk melakukan peninjauan kembali atas beban pajak yang telah ditetapkan sebelumnya. 
    Dalam hal keberatan pajak ini, konsultan pajakmemiliki tugas untuk memberikan layanan pengajuan keberatan pajak. Konsultan pajakbiasanya akan memberikan pendampingan pada kliennya yang merupakan wajib pajak untuk menyusun surat keberatan, menyiapkan dokumen peninjauan ulang beban pajak, hingga menemui peneliti keberatan yang akan menjelaskan keberatan pajak. 
    keberatan pajak

Baca   Berikut Cara Menagih Utang yang Efektif dan Anti Gagal

Keuntungan Pakai Jasa Konsultan Pajak 

  1. Memberikan Kemudahan dalam Mengurus Administrasi Perpajakan 

Bukanlah hal yang mudah untuk mengurus administrasi perpajakan. Maka dari itu, Anda butuh konsultan pajak untuk membuat pengurusan administrasi itu terasa lebih mudah dan lebih lancar nantinya. Konsultan pajak nantinya akan membantu seluruh prosesnya, mulai dari pengumpulan dokumen, penyusunan laporan, hingga pelaporan pajak itu nantinya. 

  1. Menghindari Kesalahan dalam Penghitungan Pajak 

Tidak semua orang bisa menghitung pajak yang harus dibayarkannya dengan tepat. Bayangkan saja, penghitungan pajak individu saja bisa terasa begitu sulit, apalagi untuk menghitung pajak perusahaan besar. Nah, agar kesalahan dalam penghitungan pajak ini bisa dihindari, Anda membutuhkan jasa konsultan pajak yang merupakan ahli di bidang penghitungan pajak tersebut. 

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, maka penghitungan pajak akan menjadi lebih efisien dan risiko terjadinya kesalahan dalam penghitungan pajak bisa diminimalisir atau dihindari sepenuhnya. Tidak hanya itu saja, waktu penghitungan pajak juga akan menjadi lebih singkat dibandingkan dengan penghitungan pajak tanpa melibatkan konsultan pajak.  

  1. Memperoleh Pendampingan Saat Pemeriksaan Pajak 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu tugas konsultan pajak adalah memberikan layanan pendampingan saat kliennya menjalani proses pemeriksaan pajak. Pendampingan pada saat pemrosesan pajak ini tentu akan begitu berarti bagi klien yang tidak begitu paham akan perpajakan, sehingga membuatnya bisa merasa tidak nyaman nantinya saat pemeriksaan dilakukan. 

Dengan hadirnya konsultan pajak sebagai pendamping, maka klien yang menjalani pemeriksaan akan merasa lebih nyaman, aman, dan percaya diri. Klien yang merupakan wajib pajak juga akan merasa terbantu dengan diberikannya informasi seputar prosedur pemeriksaan pajak nantinya, sehingga tidak perlu menerka-nerka tahapan pemeriksaan yang akan dihadapinya nanti.  

  1. Membantu Penyelesaian Masalah Perpajakan 
Baca   Legal Opinion

Konsultan pajak merupakan pihak yang bisa Anda andalkan untuk menyelesaikan masalah perpajakan karena memang dirinya berpengalaman di bidang tersebut. Masalah perpajakan seperti sengketa pajak, tidak sesuainya beban pajak, dan lainnya akan bisa dibantu penyelesaiannya oleh konsultan pajak, sehingga masalah jadi tidak berkepanjangan. 

Bayaran Konsultan Pajak 

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa konsultan pajak, tentu ingin mengetahui lebih dulu berapa kira-kira bayaran untuk jasa konsultan pajak tersebut. Bayaran ini nantinya tentu akan bervariasi sesuai dengan bentuk layanan yang Anda gunakan dari konsultan pajak tersebut, semakin banyak layanan yang diberikan, tentu akan semakin besar bayaran untuk konsultan pajak. 

Sebagai gambaran umum, untuk perusahaan kecil hingga menengah, tarif atau bayaran konsultan pajak berkisar di antara 5 juta hingga 20 juta rupiah per bulannya. Sedangkan untuk perusahaan yang skalanya jauh lebih besar, bayaran konsultan pajaknya bisa mencapai angka ratusan juta. Selain biaya jasa, Anda juga wajib membayarkan pajak konsultasi dengan konsultan pajak tersebut. 

Jangan dibuat pusing dan bingung oleh masalah perpajakan Anda. Anda bisa hubungi menggunakan jasa konsultan pajak untuk memberikan layanan seputar pajak. Mulai dari sekadar konsultasi masalah pajak, pembayaran pajak, hingga menyelesaikan masalah pajak bisa dipenuhi dengan menggunakan jasa konsultan pajak ini.  Jika ada permasalahan hukum pajak kamu juga bisa menanyakan perihal kasus hukum pajak kepada konsultan hukum.

FAQ Seputar Konsultan Pajak

Apa Itu Konsultan Pajak?

Konsultan pajak adalah seseorang yang memiliki peran dalam mengurus kepentingan perpajakan klien atau orang yang menggunakan jasanya. Mereka membantu individu, kelompok, atau perusahaan dalam memahami dan memenuhi kewajiban perpajakan yang ditetapkan oleh negara.

Bagaimana Cara Menggunakan Jasa Konsultan Pajak?

Anda dapat menghubungi konsultan pajak untuk konsultasi masalah perpajakan, pembayaran pajak, atau menyelesaikan masalah perpajakan yang dihadapi. Jika terdapat permasalahan hukum pajak, Anda juga dapat berkonsultasi kepada konsultan hukum yang berpengalaman di bidang tersebut.

Butuh Konsultan Hukum Pajak

Portofolio Kami

Share Yuk